Jokowi Akan Berkantor di IKN Selama 3 Hari

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Senin 29 Juli 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 28 Jul 2024, 10:33 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 10:33 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di IKN. (Biro Pers Kepresidenan).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di IKN. (Biro Pers Kepresidenan).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Senin 29 Juli 2024. Menurut pihak Istana, Jokowi rencananya akan berkantor di IKN selama tiga hari, dengan estimasi sampai akhir bulan ini.

"Rencananya tiga hari," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Minggu (28/7/2024).

Yusuf menambahkan, pada malam ini Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan bermalam di IKN. Diketahui sebelumnya, Jokowi baru saja meninjau Jawa Tengah dalam kunjungan kerjanya.

"Hari ini Bapak Presiden dan Ibu Negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," ungkap Yusuf.

Presiden Jokowi akan meninjau kesiapan Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), hari ini, Minggu 28 Juli 2024. Usai tinjauan tersebut, pihak Istana memastikan kepala negara akan berkantor pada esok hari, Senin 29 Juli 2024.

"Besok Beliau akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi sempat batal berkantor di IKN pada awal bulan ini. Sebab infrastrukturnya belum siap sepenuhnya. Khususnya, soal ketersediaan air.

Jokowi pun sempat dikonfirmasi bagaimana progres pembangunan IKN dan mengapa akhirnya rencana berkantor di awal Juli batal.

Kepala negara menjawab dirinya tidak mau terburu-buru. Dia pun berseloroh soal kursi yang harus disediakan untuk berkantor, jika tidak mau duduk lesehan.

"Kalau kursinya belum ada gimana? mau duduk masa lesehan?," canda presiden saat ditanya awak media di Jakarta, Kamis 25 Juli 2024.

Namun demikian, Jokowi berjanji saat semuanya sudah lengkap dan siap maka tidak ada alasan baginya untuk tidak berkantor di IKN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Tinjau Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN Hari Ini, Minggu 28 Juli 2024

Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Progres IKN, Mendagri Mengaku Tidak Sabar Ingin Pindah ke IKN
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan kembali meninjau Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Minggu 28 Juli 2024. Istana menyebut, tinjauan Jokowi kali ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Istana Negara dan Kantor Presiden.

"Bapak Presiden akan melakukan Kunjungan kerja ke IKN, peninjauan Kantor Presiden dan Istana Negara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, seperti dikutip Minggu (28/7/2024).

Yusuf menambahkan, tinjaun Jokowi sekaligus ingin memastikan apakah IKN sudah benar-benar siap untuk digunakan sebagai tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti. Termasuk sarana dan prasarananya.

"Bapak Presiden juga melakukan peninjauan lainnya termasuk pengecekan Kesiapan tempat Upacara HUT RI dan Sarana serta Prasarana pendukung lainnya," jelas dia.

 

 


Istana Siapkan Perabotan untuk Jokowi Berkantor di IKN 28 Juli 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis bisa mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis bisa mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024. (Biro Pers Kepresidenan).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya mulai mempersiapkan furnitur untuk kebutuhan Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rencananya, Jokowi akan berkantor di IKN pada 28 Juli 2024.

Menurut dia, furnitur seperti kursi-kursi untuk mendukung aktivitas Jokowi telah disiapkan di Kantor Presiden, IKN. Selain kursi, Istana juga menyiapkan meja dan lampu yang sebagian diangkut dari Istana Kepresidenan Jakarta.

"Sudah sudah sedang berjalan (furnitur), kantor presiden kita udah siapkan. Kursi-kursi yg dibutuhkan," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

"Saya di sini selaku Kepala Sekretariat Presiden bersama rekan-rekan pejabat Setpres mulai hari ini terus tanggal 25 kita mengisi kebutuhan-kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden," sambungnya.

Heru menjelaskan bahwa Jokowi akan meresmikan jalan Tol IKN pada 28 Juli 2024. Selanjutnya,   Jokowi akan kembali mengunjungi IKN sebelum HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

"Jadi nanti setelah tanggal 28 Juli, mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus, kan masih ada rangkaian kegiatan dan lain-lain," ujar Heru. 

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya