Resmikan RS Kemenkes Makassar, Jokowi: Peralatannya Tak Kalah dengan Rumah Sakit Singapura-Amerika

Jokowi menyampaikan rumah sakit ini memiliki kapasitas 920 tempat tidur dan menjadi hub rumah sakit untuk wilayah Indonesia bagian timur.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 06 Sep 2024, 18:05 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 18:05 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Gedung Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Makassar, Jumat (6/9/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Gedung Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Makassar, Jumat (6/9/2024). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Gedung Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Makassar, Jumat (6/9/2024). Jokowi mengungkapkan pembangunan RS ini menghabiskan anggaran yang sangat besar yakni, Rp2,44 triliun.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun Rumah Sakit ini, Rp1,56 triliun. satu triliun lima ratus enam puluh miliar rupiah. Tidak stop disitu, karena alat kesehatannya tersendiri yang sudah berjalan itu Rp360 miliar dan akan berjalan menjadi Rp520 miliar," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (6/9/2024).

"Artinya Rp2 triliun lebih rumah sakit ini untuk khusus Sulawesi Selatan, Makassar," sambungnya.

Dia menyampaikan rumah sakit ini memiliki kapasitas 920 tempat tidur dan menjadi hub rumah sakit untuk wilayah Indonesia bagian timur. Jokowi menjamin peralatan kesehatan di RS Kemenkes Makassar tak kalah canggih dengan rumah sakit di Singapura, Amerika Serikat, hingga Jepang.

"Kita tidak mau lagi nanti masyarakat yang sakit, warga yang sakit larinya ke Malaysia, larinya ke Singapura, larinya ke Amerika Serikat, larinya ke Jepang. Cukup di Makassar. Kalau saya lihat peralatannya tadi tidak kalah dengan mereka, saya jamin itu," jelasnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa negara kehilangan devisa sebesar Rp180 triliun setiap tahunnya karena masyarakat berobat ke luar negeri. Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah membangun rumah sakit standar internasional untuk mencegah warga berobat ke luar negeri.

"(RS Kemenkes Makassar)Terdiri dari 4 tower, kemudian 12 lantai saya tadi masuk, ini kok melebihi hotel bintang 5. Bapak ibu kalau enggak percaya nanti masuk semuanya lihat, dilihat betul rumah sakit yang memang harus, ya seharusnya rumah sakit itu seperti ini," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peralatan Kesehatan Modern

Dia juga mengaku kagum dengan RS Kemenkes Makassar yang memiliki peralatan kesehatan super modern.

Bahkan, Jokowi mengungkapkan ruang operasi di RS Kemenkes Makassar sangat modern.

"Saya enggak tahu tuh belajar berapa bulan mengoperasikan peralatan yang digital (modern) seperti itu, Cath Lab (Catheterization Laboratory), MRI, CT Scan, ruang operasi yang super modern seperti itu. Tetapi mohon maaf saya juga engga mau masuk ke ruang operasi," ucap Jokowi.

Infografis Sorotan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sorotan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya