Aburizal Bakrie Minta Kader Golkar Solid, Munas Sesuai Jadwal

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical meminta seluruh kader solid dan bersatu. Dia mengungkapkan, pencapaian partai dalam Pilpres dan Pileg 2024 adalah buah dari soliditas tersebut.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 07 Agu 2024, 15:13 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:13 WIB
Rakernas Golkar 2018
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie saat menghadiri Rakernas Partai Golkar di Jakarta, Kamis (22/3). Rakernas Membahas Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical meminta seluruh kader solid dan bersatu. Dia mengungkapkan, pencapaian partai dalam Pilpres dan Pileg 2024 adalah buah dari soliditas tersebut.

Ical pun mengingatkan, Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar akan digelar pada Desember tahun 2024.

"Saya meminta seluruh kader Golkar menaati keputusan Munas sebagai keputusan final dan tertinggi partai," kata dia dalam keterangannya, Rabu (7/8/2024).

Ical pun berharap Munas Golkar berlangsung terbuka dan mempersilahkan seluruh kader yang berminat dan yang digadang-gadang maju bisa mempersiapkan diri.

Ical juga mengapresiasi seluruh pengurus DPD Golkar tingkat I dan II seluruh Indonesia yang tetap solid dan konsisten mendukung kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, serta menjunjung tinggi hasil keputusan Munas 2019 dan Rapimnas 2021.

Dia juga meminta, kesolidan kader ini juga disiapkan guna memanaskan mesin partai untuk menghadapi Pilkada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Airlangga Hartarto: Munas Partai Golkar Digelar Desember 2024 Sesuai Jadwal

Partai Golkar bakal menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada tahun ini. Salah satu agenda Munas Golkar 2024 adalah pemilihan Ketua Umum yang digelar tiap lima tahunan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, Munas Partai Golkar tetap sesuai dengan jadwal yang disepakati pada Desember 2024. Hal ini menepis adanya isu Munas akan dipercepat.

"Desember (2024)," ujar Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Kemudian, saat ditanya apakah hal itu menutup peluang adanya Munas Luar Biasa (Munaslub), penyelenggaraan sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar.

"AD/ART sudah menyatakan Desember (2024)," ujar Airlangga.

 


Tak Akan Dipercepat

Soal kabar Munas Golkar dipercepat juga mendapat respons dari senior Golkar yang juga Wakil Presiden (Wapres) ke-10 Jusuf Kalla (JK).

JK memastikan, Munas Golkar tidak akan dipercepat.

"(Munas dipercepat) Enggak lah, mereka sudah diputuskan dengan seluruh DPD, yang menentukan kan DPD bukan orang lain. DPD Rapim di Bali, memutuskan itu, itu secara partai sudah begitu memenuhi anggaran dasar. Otomatis, dan sudah disetujui oleh DPD semua," kata JK kepada wartawan di kediamannya, Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2024.

"Iya, kan tidak boleh. Kalau dipercepat kan Munaslub namanya, kalau Munaslub, nanti Munas, Munas lagi," sambung JK.

Lalu, terkait dengan calon ketua umum. Wapres ke-12 ini menjelaskan, syarat untuk bisa menjadi calon harus menjadi pengurus selama satu periode.

"Ya kan sudah jelas bahwa Golkar akan Munas pada Desember ya, bahwa ada calon, selama calon memenuhi syarat, dia kader Golkar, karena itu pernah pengurus lima tahun, satu periode, itu saja sebenarnya caranya, gampang caranya," jelas JK.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya