Ditjen Imigrasi Dorong Pembangunan Database Modus Operandi Penyelundupan Manusia di ASEAN

Perwakilan delegasi dari 11 negara ASEAN dalam forum menyepakati inisiatif pertukaran data intelijen, pertemuan intensif tingkat penyidik, pembentukan database, serta kerjasama pelatihan terkait penanganan bukti digital dan analisis data terkait penyelundupan manusia.

oleh Tim News diperbarui 14 Agu 2024, 18:18 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 10:56 WIB
Pertemuan Imigrasi ASEAN di Vietnam Sepakati Inisiasi Pertukaran Data. (Istimewa)
Pertemuan Imigrasi ASEAN di Vietnam Sepakati Inisiasi Pertukaran Data. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan database modus operandi penyelundupan manusia skala ASEAN yang dapat digunakan secara bersama oleh negara anggota menjadi salah satu rekomendasi dari The 3rd Meeting of Heads of Specialist Unit on People Smuggling (3rd HSU) di Nha Trang - Vietnam, 13 Agustus 2024. 

HSU merupakan forum pendahuluan yang menjadi rangkaian dalam Pertemuan ke-27 Direktur Jenderal Imigrasi dan Kepala Urusan Kekonsuleran se-Asia Tenggara-ASEAN Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of Ministries of Foreign Affairs (DGICM) di Nha Trang, Vietnam yang berlangsung pada 13 Agustus hingga 16 Agustus 2024. 

Deputy Director-General of Viet Nam Immigration Department, Colonel Dang Tuan Viet menjadi pimpinan dalam forum yang membahas lebih dalam kerjasama dalam penanganan penyelundupan manusia di Asia Tenggara ini. 

"Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan kasus penyelundupan manusia di Asia Tenggara adalah karena negara-negara ASEAN menjadi negara transit dalam rute people smuggling dengan tujuan negara-negara Eropa,” ujar Colonel Dang Tuan Viet 

Lebih lanjut, perwakilan delegasi dari 11 negara ASEAN dalam forum tersebut menyepakati inisiatif pertukaran data intelijen, pertemuan intensif tingkat penyidik, pembentukan database, serta kerjasama pelatihan terkait penanganan bukti digital dan analisis data terkait penyelundupan manusia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus Penyelundupan Manusia

Imigrasi Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Manusia oleh WN India Menuju Australia.
Imigrasi Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Manusia oleh WN India Menuju Australia. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Dalam kesempatan tersebut, Ditjen Imigrasi menjelaskan bahwa di tahun 2023 dan 2024, Imigrasi Indonesia telah menangani delapan kasus penyelundupan manusia. Kasus yang terjadi di tahun 2023 terjadi di wilayah Tangerang - Banten, Entikong-Kalimantan Barat, serta Nunukan-Kalimantan Timur.

Sementara itu, di tahun 2024 kasus terjadi di daerah Langsa- Aceh, Medan- Sumatra Utara, Tanjung Balai Asahan- Kepulauan Riau serta Sukabumi- Jawa Barat.

Kedelapan kasus tersebut berhasil dicegah berkat kerjasama dengan aparat penegak hukum dalam maupun luar negeri. 

Sebagai penutup, Direktorat Jenderal Imigrasi menyatakan membuka pintu bagi semua negara ASEAN untuk bergabung bersama-sama untuk mencegah penyelundupan manusia dalam upaya melindungi negara. 

Infografis Journal_ Kerugian Ekonomi Akibat Sampah Sisa Makanan Capai Rp 500 Triliun per tahun
Infografis Journal_ Kerugian Ekonomi Akibat Sampah Sisa Makanan Capai Rp 500 Triliun per tahun (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya