Hari ke-2 Pendaftaran Pilgub Jakarta, Kawasan Salemba Raya Padat Merayap

Hari ini dijadwalkan akan ada dua bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta 2024 yang akan mendaftar ke KPU, yakni Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 28 Agu 2024, 09:29 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 09:19 WIB
Suasana Kantor KPU Jakarta di Hari ke-2 Pendaftaran Cagub 2024
Suasana Kantor KPU Jakarta pada hari ke-2 pendaftaran bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Salemba Raya mengalami kepadatan lalu lintas yang berbeda dari biasanya, Rabu (28/8/2024). Hal tersebut dipengaruhi aktivitas massa di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

Diketahui pada hari ini akan ada pendaftaran dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024. Berdasarkan informasi yang diterima, mereka adalah Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno.

Keduanya akan datang terpisah. Tim Humas KPU Jakarta menginformasikan, pasangan Pramono Anung-Rano Karno akan tiba lebih awal sekira pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono dijadwalkan tiba sekira pukul 14.00 WIB.

Sebagai informasi, pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan dibuka sampai besok, Kamis (29/8/2024) dan ditutup pada hari tersebut pukul 23.59 WIB.

Pantauan di Kantor KPU Jakarta, terdapat panggung musik dengan pertunjukan live band performance untuk menghibur kedatangan para peserta Pilgub Jakarta. 

Selain itu, KPUD Jakarta juga menyulap area gedung dengan tema khas Jakarta dan betawi. Terlihat ada ornamen monas dan ondel-ondel yang terpajang di pintu masuk.

Selain dekorasi, gedung KPU Provinsi Jakarta yang terletak di Jalan Salemba Raya No 15, RT 1/RW 3, Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440 juga dijaga ketat oleh sejumlah aparat keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Administrasi Dukungan RK-Suswono Rampung

Koalisi partai politik (parpol) pendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk Pilkada Jakarta 2024 atau 'Jakarta Rido' hari ini, Selasa 27 Agustus 2024 merampungkan administrasi dukungan dari partai kepada pasangan calon.
Koalisi partai politik (parpol) pendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk Pilkada Jakarta 2024 atau 'Jakarta Rido' hari ini, Selasa 27 Agustus 2024 merampungkan administrasi dukungan dari partai kepada pasangan calon. (Ist)

Sebelumnya, koalisi partai politik (parpol) pendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024 atau 'Jakarta Rido' telah merampungkan administrasi dukungan dari partai kepada pasangan calon pada Selasa 27 Agustus 2024.

Dalam acara koordinasi parpol pendukung Ridwan Kamil-Suswono yang dilaksanakan di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Ketua dan Sekretaris parpol pendukung tingkat Jakarta menyerahkan dokumen resmi kepada Ketua Tim Sukses Rany Mauliani dan Sekretaris Selamat Nurdin.

Tampak hadir Ketua DPD Partai Golkar Jakarta Ahmed Zaki Iskandar, Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin, Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta Mujiono, dan Ketua DPW PSI Jakarta Elva Fahri Qolbina.

Selain itu hadir pula Ketua DPW Partai Nasdem Jakarta Wibi Andrino, Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas, Ketua DPW PPP Jakarta Saiful Rahmat Dasuki, Ketua DPW Partai Perindo Jakarta Ramdan Alamsyah, dan Ketua DPW Partai Gelora Jakarta Triwisaksana,

 


Sebarkan Kegembiraan

deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Selain itu, ada juga Partai Garuda dan Partai Gelora. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam acara itu juga hadir perwakilan Partai Garuda Jakarta, Partai Prima Jakarta, Partai Bulan Bintang (PBB) Jakarta, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Selain perwakilan partai, juga hadir Ketua Umum Relawan Kita (RK) Henry Baskoro.

"Kami patuh pada aturan KPU, yaitu menggunakan perhitungan suara sebagai basis dukungan. Ini perkembangan yang positif karena semakin banyak partai yang dapat secara riil mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono," ujar Sekretaris Selamat Nurdin melalui keterangan tertulis, Selasa (27/8/2024).

Kemudian, bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menambahkan, Pilkada Jakarta 2024 ini merupakan momen persatuan dan kebersamaan.

"Semua elemen yang mendukung, baik partai politik. relawan, dan komunitas sebisa mungkin terlibat dalam hajatan pendaftaran ini. Kita buat acara pendaftaran ini menyebarkan kegembiraan," jelas Ridwan Kamil.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya