Gedung AMANAH Aceh, Dorong Kreativitas dan Membuka Kesempatan Karir bagi Generasi Muda

Pembangunan gedung ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Indonesia (BIN) bersama dengan stakeholder lainnya atas perintah Presiden Joko Widodo.

oleh Tim News diperbarui 04 Sep 2024, 20:28 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 23:43 WIB
Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH)
Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) berdiri di atas tanah seluas 5 hektar. Pembangunan gedung ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Indonesia (BIN) bersama dengan stakeholder lainnya atas perintah Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tujuan pembangunan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) adalah untuk mendorong kreativitas dan membuka kesempatan karir bagi generasi muda di Aceh.

Untuk diketahui, gedung ini dibangun di atas tanah seluas 5 hektar dengan bangunan seluas 1,9 hektar. pembangunan gedung ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Indonesia (BIN) bersama dengan stakeholder lainnya atas perintah Presiden Joko Widodo.

Nantinya, gedung ini akan berfungsi sebagai tempat pelatihan yang dilakukan oleh AMANAH agar para generasi muda memiliki akses secara merata dan semakin luas menuju lapangan pekerjaan yang terbuka lebar.

Hal tersebut terwujud melalui Pelatihan Pramusaji kepada Teman Tuli, sehingga memungkinkan 5 peserta terbaik langsung mendapatkan kesempatan bekerja di kafe dan restoran Aceh.

Salah satu instruktur pelatihan pramusaji AMANAH, Normansyah mengatakan bahwa terdapat semangat yang sangat luar biasa dari teman tuli untuk terus mengasah diri mereka.

"Progresnya luar biasa, walaupun memang kawan-kawan tuli ini perlu waktu untuk belajar atau untuk praktik di tempat kerja yang non tuli karena ada keterbatasan," ujar Normansyah.

Pelatihan dari Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) berlangsung sejak 29 Juli hingga 1 Agustus 2024 di Ivory Coffee, Banda Aceh. Dalam pelatihan tersebut, seluruh peserta menunjukkan antusiasme dan keseriusan mereka.

“InsyaAllah ada lima orang yang terbaik. Kemudian, nanti mereka akan ditempatkan (bekerja),” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Berinteraksi Anak Muda

Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) membuka audisi penari untuk acara peresmian Gedung AMANAH, Senin (19/8/2024). Ratusan penari akan disiapkan untuk menyambut Presiden Joko Widodo pada acara 8 September 2024 (Istimewa)
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) membuka audisi penari untuk acara peresmian Gedung AMANAH, Senin (19/8/2024). Ratusan penari akan disiapkan untuk menyambut Presiden Joko Widodo pada acara 8 September 2024 (Istimewa)

Selain mengadakan pelatihan pramusaji, AMANAH juga menyelenggarakan acara Go To Campus dengan tema ‘Yang Muda Yang Berkreasi’. Acara ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda agar berkreasi di era digital, serta menjadi wadah berbagi ide dan kreativitas.

Salah satu pengisi dalam acara tersebut, Aktor Harris Vriza mengatakan sangat senang dengan acara hari itu dan sangat antusias dengan pembangunan Gedung AMANAH di Ladong, Aceh.

“Terima kasih kepada AMANAH Goes To Campus. Sebentar lagi ada Gedung AMANAH di Ladong, Aceh. Itu bisa jadi tempat orang-orang berdiskusi, saling berkolaborasi, dan menutupi kekurangan diri mereka. Semoga semuanya bisa berkembang dan berjalan dengan lancar,” tutup Harris.

Dengan adanya gedung AMANAH ini diharapkan para anak muda Aceh akan banyak mendapat pelatihan untuk meningkatkan kemandirian, kompetensi dan profesionalismenya agar nantinya siap untuk terjun ke dunia kerja maupun menjadi pelaku wirausaha atau entrepreneur muda.

INFOGRAFIS JOURNAL_Anak Muda Jadi Peminjam Utang Paling Banyak?
INFOGRAFIS JOURNAL_Anak Muda Jadi Peminjam Utang Paling Banyak? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya