Polisi Dalami Insiden Ledakan di Rumah Bakal Calon Gubernur Aceh Bustami

Orang tidak dikenal melempar bom ke rumah kediaman bakal calon gubernur Aceh Bustami, Senin (2/9/2024).

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 02 Sep 2024, 12:25 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 12:25 WIB
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi tengah melakukan penyelidikan untuk mendalami insiden ledakan di rumah bakal calon gubernur Aceh, Bustami. Peristiwa itu terjadi pagi ini sekitar subuh hari.

“Benar, telah terjadinya, terdengar dari informasi awal dari masyarakat ada informasi suara ledakan. Terus kemudian, saat ini Polda Aceh, Bapak Polda telah membentuk tim dan sedang melakukan proses penyelidikan,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo kepada wartawan, Senin (2/9/2024).

Trunoyudo belum mengungkap kronologi lengkap atas peristiwa tersebut. Dia mengatakan, kasus itu menjadi kewenangan Polda Aceh dan penyelidikan nantinya dibuka ke publik secara transparan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondisivitas di wilayah, kita ketahui keamanan adalah bagian penting dari setiap kehidupan masyarakat,” jelas dia.

“Sejauh ini kita masih melakukan proses penyelidikan, untuk terkait kronologis nanti akan disampaikan,” sambung Trunoyudo.

Sebelumnya, orang tidak dikenal melempar bom ke rumah kediaman bakal calon gubernur Aceh Bustami, Senin (2/9/2024). Peristiwa itu terjadi saat azan subuh berkumandang.

Rumah pribadi mantan Penjabat Gubernur Aceh tersebut berada di Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Aceh.

Bahan peledak tersebut dilempar dari depan dan meledak di samping kiri rumah. Ledakan menyebabkan dinding beton pagar rumah menghitam seperti bahan terbakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ledakan Cukup Kuat

Ledakan mengejutkan warga sekitar. Ledakan terdengar hingga radius ratusan meter. Beberapa warga mengaku ledakan terdengar saat azan subuh berkumandang.

"Ledakan terdengar cukup kuat dan bangunan sempat bergetar. Saya pikir petir," kata Indra Milwady, warga setempat, seperti dikutip dari Antara.

Beberapa petugas menyebutkan Bustami tidak berada di rumah saat ledakan terjadi. Belum diketahui apakah bom yang dilemparkan tersebut granat atau bahan peledak lainnya.

Saat ini, kepolisian sudah memasang pita garis polisi di sejumlah jalan masuk ke rumah. Tim Inafis dan Jihandak Polda Aceh melakukan olah tempat kejadian perkara.

Infografis Pilkada Jakarta 2024 Bakal Diramaikan Calon Jalur Independen. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Pilkada Jakarta 2024 Bakal Diramaikan Calon Jalur Independen. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya