KMHDI Siapkan Survei, Cari Sosok Menteri untuk Kabinet Prabowo-Gibran

Darmawan berharap, melalui proses survei, maka akan muncul nama-nama yang dianggap ideal untuk membantu pemerintahan Prabowo-Gibran.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Sep 2024, 07:24 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 06:38 WIB
Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) tengah menyebarkan jajak pendapat atau survei terkait kandidat menteri yang berlatar Hindu (Istimewa)
Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) tengah menyebarkan jajak pendapat atau survei terkait kandidat menteri yang berlatar Hindu (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) tengah menyebarkan jajak pendapat atau survei terkait kandidat menteri yang berlatar Hindu.

Ketua Umum PP KMHDI, Wayan Darmawan mengatakan, hal ini merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Mencari Figur Hindu untuk Kabinet Prabowo-Gibran’ yang digelar pada Minggu, 15 September 2024.

“Ini mengungkapkan bahwa survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi figur-figur potensial yang dapat mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Setelah FGD, kami akan melanjutkan dengan menyebarluaskan survei kandidat menteri Hindu kepada umat Hindu,” ujar Darmawan seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (17/9/2024).

Darmawan berharap, melalui proses survei, maka akan muncul nama-nama yang dianggap ideal untuk membantu pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Darmawan menjelaskan, setelah survei, nama-nama yang diusulkan akan melalui proses evaluasi mendalam, termasuk penilaian terhadap rekam jejak, kompetensi, dan kredibilitas masing-masing kandidat.

“Nama-nama yang layak akan kami rekomendasikan untuk pertimbangan dalam penyusunan kabinet Prabowo-Gibran," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saring Aspirasi

Sementara itu, Kepala Departemen Kajisu PP KMHDI, Agus Pebriana, menambahkan, survei bertujuan untuk menyaring aspirasi umat Hindu mengenai nama-nama yang dianggap layak masuk dalam kabinet.

“Survei ini akan menyerap aspirasi umat Hindu mengenai tokoh-tokoh yang mereka anggap cocok untuk menduduki posisi dalam kabinet Prabowo-Gibran," ujar Agus.


Kontribusi

Secara teknis, lanjut Agus, survei akan dilakukan dalam waktu seminggu dan akan menyasar seluruh lapisan umat Hindu. Dalam survei ini, peserta akan diminta untuk mengisi nama-nama figur yang dianggap layak serta alasan di balik pilihan mereka.

“Pertimbangan dalam memilih akan mencakup kompetensi, rekam jejak, afiliasi politik, dan karir atau jabatan," yakin Agus.

“Jadi angkah dilakukan sebagai kontribusi PP KMHDI dalam pemilihan kandidat yang sesuai dengan aspirasi dan harapan umat Hindu untuk pemerintahan yang akan datang,” imbuh dia menandasi.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya