Kabar Keretakan Prabowo-Jokowi, Suryo Prabowo: Itu Hoax

Menurut Suryo Prabowo, kabar soal keretakan hubungan antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu hoax.

oleh Tim News diperbarui 10 Okt 2024, 07:36 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 20:31 WIB
Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Letnan Jenderal (Purn) TNI Johannes Suryo Prabowo menilai tayangan podcast yang menggiring keretakan hubungan Prabowo dan Jokowi tidak mendidik.

Menurut Suryo Prabowo, kabar soal keretakan hubungan antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu hoax.

Melalui akun Instagramnya @suryoprabowo2011, pensiunan jenderal TNI tersebut mengunggah ulang potongan tayangan dari sebuah podcast yang menyebut isu keretakan hubungan Jokowi dan Prabowo.

“Hobinya pecundang politik itu membuat berita hoax,” tulis Suryo Prabowo, dikutip pada Rabu (9/10).

Dari potongan tayangan podcast itu diisukan bahwa internal Prabowo tengah bergejolak ditengah isu akun Fufufafa yang disinyalir pernah mengejek Prabowo dikala bersaing dengan Jokowi pada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Suryo pun menyandingkan potongan tayangan itu dengan pernyataan Prabowo di acara kongres PAN pada Agustus lalu yang menyorot siaran podcast yang mengisukan keretakan hubungannya dengan Jokowi.

“Oh Pak Prabowo begini. Pak Prabowo begitu. Apa? Dia lebih tahu Pak Prabowo mikirnya apa daripada saya sendiri. Kadang-kadang kalau saya mau tahu apa sih yang Prabowo pikir? Aku cari podcast itu. Dia lebih tahu dari aku. Gue bingung. Dia lebih ngerti dari gue. ‘Ternyata Prabowo dan Jokowi sudah retak.’ Retak gimana retak. Selalu mau adu domba,” ujar Prabowo dalam potongan video yang diunggah oleh Suryo Prabowo.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Bantah Kabar Keretakan Antar Keduanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat sedang makan berdua Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza, mengatakan, pertemuan tersebut seolah Jokowi ingin menegaskan bahwa hubungannya dengan Prabowo tetap baik menjelang peralihan jabatan.

"Ini semua menjadi satu kesatuan utuh. Jadi, pertemuan itu memberikan simbol kesan di mata publik bahwa mereka selalu berkomunikasi. Mereka berdua sama-sama dewasa dalam berpolitik," kata dia, Rabu (9/10/2024).

Menurut Efriza, jika merujuk pada pernyataan dari petinggi Gerindra, selain membahas soal transisi kepemimpinan, pertemuan itu juga kemungkinan membicarakan masalah kebangsaan, baik terkait situasi nasional maupun internasional, yang harus dihadapi dengan kebijakan yang tepat.

"Kalau saya lihat, kemungkinan mereka ngobrol selama dua jam itu tentu Pak Jokowi menjelaskan apa yang sudah dilakukannya. Dia juga menanyakan apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo. Yang kedua, mereka membicarakan bagaimana situasi negara saat ini serta keadaan global yang harus disoroti atau direspon," paparnya.

Lebih lanjut, Efriza mengungkapkan, yang pasti Prabowo akan melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi, sebagaimana ditegaskan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hasyim Djojohadikusumo, yang menyatakan pemerintahan Prabowo merupakan kelanjutan dari pemerintahan Jokowi.

"Kalau melihat pernyataan Hasyim, itu jelas menunjukkan bahwa ada kedewasaan dan kejujuran politik dari Prabowo, Gerindra, Hasyim, maupun Pak Jokowi. Mereka saling memuji satu sama lain dan berkomitmen bersama," ungkapnya.

 

Keberlanjutan Program

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan Jokowi dan dan Prabowo membahas sejumlah hal saat makan malam bersama. Salah satunya, soal keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan.

"Ya, memang benar, malam ini, Selasa tanggal 8 Oktober 2024, Presiden Jokowi makan malam bersama Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto di Plataran, kawasan GBK," jelas Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa.

"Pada saat makan malam dibicarakan berbagai hal, terutama terkait keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan," sambungnya.

Menurut dia, Jokowi rutin menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo, baik dalam forum formal maupun pertemuan informal. Ari menekankan pentingnya kebersamaan tersebut agar transisi pemerintahan berjalan mulus.

"Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar," jelas Ari.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya