AHY Luncurkan Spartan Command Center Untuk Berantas Mafia Tanah

Kementerian ATR/BPN luncurkan Spartan Command Center, pusat komando baru untuk memberantas mafia tanah dan menghadirkan keadilan bagi masyarakat. Satgas ini akan bekerja sama dengan kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah daerah untuk menyelesaikan kasus-kasus pertanahan yang telah berlangsung lama.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 19 Okt 2024, 18:05 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 18:05 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi meluncurkan Spartan Command Center, senjata baru Kementerian ATR/BPN dalam perang melawan mafia tanah. Pusat komando baru ini diyakini akan menjadi ujung tombak dalam penanganan dan pengendalian masalah pertanahan, khususnya dalam memberantas mafia tanah.

AHY menegaskan komitmen Kementerian ATR/BPN untuk terus berpihak kepada masyarakat dan membela hak tanah yang dimilikinya.

"Semoga Spartan Command Center, benar-benar bisa menjadi sebuah pos komando dan pengendalian untuk kita semakin fokus, semakin serius, semakin semangat, dan semakin berhasil dalam memberantas mafia tanah di seluruh Indonesia," tegas AHY saat peluncuran di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Sabtu, (19/10/2024).

Spartan Command Center berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan dan menjadi bagian utama dalam pemberantasan mafia tanah. Kementerian ATR/BPN tak sendiri dalam menjalankan satgas ini, mereka bekerja sama dengan jajaran kepolisian, kejaksaan, pemerintah daerah dan lainnya untuk mencapai tujuan bersama.

"Posko ini menjadi bukti bahwa kami akan semakin serius hadir untuk menghadirkan keadilan bagi masyarakat seluruh tanah air," tambah AHY.

AHY juga berharap, Spartan Command Center dapat menyelesaikan kasus-kasus di bidang pertanahan yang telah berlangsung hingga puluhan tahun.

"Saya tentunya mendorong dan menyemangati segala pencapaian dan progres yang luar biasa sampai hari ini tidak berhenti, bahkan semakin baik. Saya ingin terus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semangat ini," ucap AHY.

Komitmen Berantas Mafia Tanah

Di masa transisi pemerintahan saat ini, AHY memastikan Kementerian ATR/BPN tetap fokus pada tugas pokok di lapangan termasuk melanjutkan Reforma Agraria dan menghadirkan iklim investasi yang semakin baik dengan menghadirkan kepastian hukum atas tanah di berbagai pelosok tanah air.

Komitmen Kementerian ATR/BPN dalam memberantas mafia tanah dibuktikan dengan pengungkapan dua kasus mafia tanah dengan potensi kerugian negara dan masyarakat lebih dari Rp3,6 triliun di Jawa Barat, Jumat (18/10).

"Alhamdulillah di penghujung masa pengabdian ini bisa bukan hanya terungkap, tapi juga bisa benar-benar dijelaskan kepada publik bahwa kasus mafia tanah di Bandung khususnya Dago Elos, bisa kita selesaikan," kata AHY.

Dengan peluncuran Spartan Command Center, Kementerian ATR/BPN menunjukkan keseriusannya dalam memberantas mafia tanah dan menghadirkan keadilan bagi masyarakat Indonesia. Harapannya, satgas ini dapat menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan kasus-kasus pertanahan yang telah berlarut-larut dan menghadirkan kepastian hukum atas tanah bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Sumber: Antara

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya