Gibran Tunggu Arahan Prabowo soal Pembagian Tugas di Pemerintahan

Gibran menyebut tugasnya nanti tidak akan jauh berbeda dengan Wapres ke-13 RI Ma'ruf Amin di pemerintahan periode sebelumnya. Meski begitu, dia tetap akan menunggu arahan dari Prabowo yang akan memimpin sidang perdana kabinet pada Rabu sore nanti.

oleh Winda Nelfira diperbarui 23 Okt 2024, 14:33 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 14:33 WIB
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akhirnya mengumumkan susunan menteri yang disebut Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akhirnya mengumumkan susunan menteri yang disebut Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) RI Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya masih menunggu arahan Presiden Prabowo Subianto mengenai pembagian tugas di pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan Gibran usai meninjau uji coba makan bergizi gratis (MBG) yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta di SMPN 270 Kepala Gading, Jakarta Utara, Rabu (23/10/2024).

"Habis ini kan kita sidang kabinet. Kita tunggu arahan dari Pak Presiden Prabowo," kata Gibran.

Lebih lanjut, Gibran menyebut tugasnya nanti tidak akan jauh berbeda dengan Wapres ke-13 RI Ma'ruf Amin di pemerintahan periode sebelumnya.

"Kurang lebih masih sama. Tapi sekali lagi kita tunggu arahan berikutnya dari Pak Presiden Prabowo," ujar dia.

Sebagai informasi, Gibran sejak dilantik pada 20 Oktober 2024 telah blusukan ke lapangan untuk meninjau program makan bergizi gratis. Program itu merupakan salah satu janji yang dikampanyekan Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024.

Gibran menegaskan, sebagai pembantu presiden, dia akan memastikan program Pembangunan yang sudah berjalan bisa tereksekusi dengan baik. Gibran bilang, ke depan dia juga bakal meninjau lokasi lainnya di Jakarta.

"Kemarin kita ngecek MRT, LRT. Lalu ada tempat Sport Center yang ada di Cibubur. Nanti kita akan cek tempat-tempat lain juga," ucap Gibran Rakabuming Raka.

 

Prabowo Akan Pimpin Sidang Kabinet Perdana Hari Ini

Usai Dilantik, Para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih Berfoto Bersama
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Presiden RI, Prabowo Subianto akan memimpin sidang kabinet paripurna perdana, usai dilantik menjadi presiden, Rabu (23/10/2024). Sidang kabinet rencananya akan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu pukul 15.00 WIB.

"Ya ada undangan dari Seskab untuk mengikuti rapat kabinet sore nanti," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Rabu (23/10/2024).

Belum diketahui apa yang menjadi topik pembahasan Prabowo dalam sidang kabinet perdana ini. Para jajaran menteri kabinet Merah Putih dijadwalkan hadir dalam sidang kabinet paripurna perdana.

"Arahan dari presiden baru bisa kita ketahui setelah nati rapat berlangsung," ujarnya.   

Prabowo Lantik 109 Anggota Kabinet

Resmi, Presiden Prabowo Subianto Lantik 48 Menteri dan Lima Kepala Lembaga dalam Kabinet Merah Putih
Prosesi pelantikan para menteri dalam Kabinet Merah Putih dilaksanakan pada Senin (21/10/2024) pagi. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Seperti diketahui, Presiden Prabowo Subianto resmi melantik jajaran menteri dan wakil menteri kabinet Merah Putih pada 21 Oktober 2024. Sementara itu, kepala badan, penasehat khusus presiden, utusan khusus presiden, dan staf khusus presiden dilantik pada 22 Oktober 2024.

Total ada 109 anggota kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Jumlah menteri sebanyak 48 menteri, sedangkan jumlah kepala badan setingkat menteri sebanyak 5 orang.

Sementara itu, jumlah wakil menteri kabinet Prabowo-Gibran sebanyak 56 orang.

  

Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya