Survei Indikator: 85,3 Persen Publik Yakin Prabowo Mampu Pimpin Indonesia Lebih Baik

Burhanuddin menilai tingginya ekspektasi terhadap Prabowo merupakan fenomena bulan madu. Namun, ia mengingatkan keyakinan tinggi dari publik tersebut bagaikan pisau bermata dua terhadap Prabowo.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 27 Okt 2024, 15:53 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 15:45 WIB
Prabowo Pimpin Sidang Kabinet Perdana di Istana Jakarta
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka memimpin sidang perdana Kabinet Merah Putih di Istana, Jakarta, Rabu (23/10/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei terbaru terkait ekspektasi publik terhadap Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hasilnya, sebanyak 85,3 persen responden yakin Presiden Prabowo Subianto bisa memimpin Indonesia menjadi lebih baik.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebut, publik memiliki ekspektasi dan kepercayaan tinggi kepada Prabowo.

"Nah ini relatif mirip ya dengan survei Kompas, Kompas 84 persen kita 85 persen," kata Burhanuddin dalam rilis daring, Minggu (27/10/2024).

Burhanuddin menilai tingginya ekspektasi terhadap Prabowo merupakan fenomena bulan madu. Namun, ia mengingatkan keyakinan tinggi dari publik tersebut bagaikan pisau bermata dua terhadap Prabowo. 

“Jika Prabowo gagal memenuhi harapan publik, maka tingkat kekecewaan yang muncul pun akan juga besar,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, tingginya ekspektasi publik pada Prabowo juga disebabkan adanya koalisi dengan pendukung Joko Widodo.

"Sekarang itu agak berbeda, karena pak Prabowo terpilih salah satunya dengan coat tail effect-nya pak Jokowi, maka ketika Prabowo terpilih sebagai Presiden, apalagi didampingi anaknya pak Jokowi, pendukung Jokowi juga confident dengan Prabowo," katanya.

Adapun sampel survei sebanyak 1.200 orang dengan menggunakan metode simple random sampling. Sementara toleransi kesalahan (margin of error) 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.  

Prabowo ke Menteri: Jangan Setia kepada Saya

Berseragam Loreng, Begini Penampilan Anggota Kabinet Merah Putih
Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto memberikan arahan pada retreat menteri pada Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. (Foto oleh Handout/Media Partner Partai Gerindra/AFP)

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Prabowo Subianto meminta anggota Kabinet Merah Putih tak setia kepadanya. Prabowo meminta para jajaran kabinetnya untuk setia kepada bangsa dan negara.

"Kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia," tegas Prabowo saat memberikan pengarahan kepada anggota kabinet di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Dia menjelaskan bahwa acara retret ini merupakan 'the military way'. Prabowo menyampaikan hal ini ditiru banyak perusahaan untuk membangun kedispilinan.

"Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu. The military way ditiru oleh banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan. The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin," jelas dia.

Dalam pengarahan itu, Prabowo menyampaikan sejumlah hal penting. Dia meminta kementerian/lembaga fokus dan komitmen bekerja mengentaskan kemiskinan, makan bergizi gratis, pemberantasan korupsi, swasembada pangan hingga swasembada energi.

"Saya di sini mengangkat sumpah untuk mempertahankan bangsa dan negara, setia kepada bangsa dan negara kita semua," tutur Prabowo.

  

Prabowo Kembali ke Jakarta

Retreat Usai, Kabinet Merah Putih Kembali ke Jakarta
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto melambaikan tangan saat meninggalkan Akademi Militer setelah retret kabinet Merah Putih di Magelang, Jawa Tengah, Minggu 27 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sementara itu, Presiden RI Prabowo Subianto kembali ke Jakarta usai retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). Prabowo diagendakan pulang ke Jakarta pada Minggu sore.

"Beliau akan kembali ke Jakarta sore ini. Mohon doanya," kata Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi kepada wartawan usai mengikuti retret di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo keluar gedung Akmil Magelang pukul 10.51 WIB. Prabowo mengenakan jaket dan topi berwarna biru dongker, senada dengan para menteri kabinet.

Prabowo sempat keluar dari sunroof mobil Maung Garuda yang membawanya. Dia menyapa dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang antusias menunggu di gerbang luar Akmil Magelang.

Infografis 17 Prioritas dan 8 Program Percepatan Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 17 Prioritas dan 8 Program Percepatan Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya