Priyo: Napi LP Tanjung Gusta Kerap Diperlakukan Tak Manusiawi

Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, berharap Kemenkum dan HAM segera membentuk tim investigasi atas kerusuhan di LP Tanjung Gusta.

oleh Riski Adam diperbarui 12 Jul 2013, 14:27 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2013, 14:27 WIB
priyo-layak130212c.jpg
Wakil Ketua DPR yang membidangi masalah politik, hukum dan pertahanan, Priyo Budi Santoso, menyesalkan terjadinya kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Priyo berharap Kementerian Hukum dan HAM segera membentuk tim investigasi guna mencari tahu penyebab kerusuhan tersebut.

"Saya sangat prihatin dan meminta dibuat tim khusus untuk menyelidiki itu semua yang mengakibatkan jatuhnya korban 5 orang. Tim itu bisa dari internal Menkumham atau dari tim independen," kata Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Lebih lanjut, Priyo juga menjelaskan bahwa berdasarkan info yang didapat DPR, para narapidana di LP Tanjung Gusta kerap mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi.

"Karena laporannya masih simpang siur dan info yang didapat DPR, kerap para warga binaan itu mendapatkan tindakan yang kurang manusiawi, itu yang kita sesalkan karena bagaimanapun juga warga binaan itu punya hak untuk hidup layak dan tidak semestinya diperlakukan tidak manusiawi," imbuhnya.

Semalam, para tahanan di LP Tanjung Gusta mengamuk lantaran kondisi mereka tak diperhatikan secara layak. Amuk dilakukan dengan cara membakar beberapa bagian LP serta melempari petugas dengan batu, sebagian lainnya melarikan diri. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya