Banyak Mudik Gratis, Penumpang di Kampung Rambutan Menurun

Jumlah pemudik dari Terminal Kampung Rambutan, Jaktim, diperkirakan menurun dibanding tahun sebelumnya lantaran banyaknya mudik gratis.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 06 Agu 2013, 12:30 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2013, 12:30 WIB
kprambutan-130806b.jpg
Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, diperkirakan menurun dibanding tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya mudik gratis yang diselenggarakan berbagai pihak.

"Jumlahnya menurun, salah satunya karena banyak mudik gratis yang diselenggarakan," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Dwi Basuki, di Jakarta, Selasa (6/8/2013).

Selain itu, kondisi politik di Indonesia yang sedang ramai juga dianggap jadi faktor semakin banyaknya penyelenggaraan mudik gratis. Salah satunya yang dilakukan Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa.

"Ini tahun politik. Bayangkan, menteri saja kemarin memberangkatkan 2.000 bus mudik gratis. Kalau dihitung itu sudah hampir 100 ribu penumpang," lanjutnya.

Jumlah itu kata Dwi, sudah mencakup hampir 50 persen dari jumlah pemudik dari Terminal Kampung Rambutan tahun 2012 yang mencapai 212.787 orang. "Itu sudah hampir 50 persen dari tahun lalu. Maka dari itu saya memperkirakan pemudik tidak akan sebanyak tahun lalu," tandasnya.

Terminal Kampung Rambutan melayani 47 trayek dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera. 21 trayek jurusan Jawa Barat, 15 trayek ke Jawa Tengah, 8 trayek ke Jawa Timur, selebihnya trayek ke beberapa kota di Sumatera. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya