[VIDEO] Debu Vulkanik Kelud Menyebar Luas, 5 Bandara Ditutup

Dampak letusan Gunung Kelud menyebabkan 5 bandara di Jawa Timur dan Jawa Tengah ditutup. Seluruh penerbangan dibatalkan.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Feb 2014, 15:36 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2014, 15:36 WIB
kelud-meluas-140214b.jpg
Antrean ratusan calon penumpang terjadi di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Mereka terpaksa mengembalikan tiket pesawat karena bandara ini ditutup pasca-meletusnya Gunung Kelud.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (14/2/2014), terbatasnya jarak pandang dan tebalnya debu vulkanik Gunung Kelud membuat fasilitas bandara terganggu dan bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

Seluruh penerbangan dari dan menuju Yogyakarta dibatalkan. Pihak bandara juga membagikan masker gratis untuk penumpang. Belum diketahui sampai kapan bandara ditutup.

Bandara Adi Sumarmo Solo, Jawa Tengah juga lumpuh dan terpaksa ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penumpang menumpuk di lokasi keberangkatan namun tak bisa berbuat apa-apa.

Artis ketoprak Surabaya, Kirun terpaksa batal mentas di Jakarta. Hingga siang ini hujan abu vulkanik masih terus terjadi dan baling-baling sejumlah pesawat terpaksa ditutup untuk menghindari masuknya debu.

Dampak letusan Gunung Kelud juga membuat Bandara Abdurahman Saleh Malang ditutup. Sedangkan Bandara Ahmad Yani Semarang meskipun tidak ditutup, namun membatalkan semua penerbangan yang menuju Jawa Timur.

Di Pulau Dewata, Bandara I Gusti Ngurah Rai memang tidak ditutup, namun tetap terkena imbas penutupan sejumlah bandara. Penumpang tujuan Jawa Timur dan Jawa Tengah tidak bisa berangkat hingga akhirnya menumpuk di loket penjualan tiket. (Nfs/Sss)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, 6 Bandara Ditutup dan KA Terlambat
Dampak Erupsi Gunung Kelud, 43 Penerbangan dari Bali Dibatalkan
Hujan Abu Kelud... Kecelakaan di Kebumen, Bandara Cilacap Tutup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya