Kenali Sejak Dini, Inilah 5 Tanda Munculnya Penyakit Paru Tuberkulosis

Dengan adanya peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia, hal ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat mengenai penyakit TBC sehingga lebih peduli dengan kesehatannya masing-masing.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mar 2022, 18:37 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2022, 18:37 WIB
Ilustrasi Tuberkulosis
Perlu diketahui gejala utama pasien TBC paru, yaitu batuk berdahak selama dua minggu atau lebih.

Liputan6.com, Jakarta Hari Tuberkulosis Sedunia diperingati setiap 24 Maret. Jangan dianggap remeh, penyakit menyangkut paru-paru ini dapat membahayakan tubuh bila dibiarkan begitu saja. Jadi, kenali tanda-tandanya lebih awal agar bisa mendapatkan pengobatan dengan segera.

Menurut World Health Organization (WHO), tuberkulosis atau TBC telah merenggut sekitar 4.100 nyawa dan menyebabkan 30.000 orang jatuh sakit setiap harinya.

Dengan adanya peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia, hal ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat mengenai penyakit TBC sehingga lebih peduli dengan kesehatannya masing-masing.

Lantas apa saja tanda-tanda TBC?

Melansir laman Timesnownews, Kamis (24/3/2022), berikut ini tanda-tanda dari tuberkulosis atau TBC yang harus diwaspadai.

1. Demam

Meskipun demam bisa menjadi tanda beragam masalah kesehatan, Anda juga patut waspada bahwa ini bisa jadi tanda awal TBC. Jadi, ketika demam, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyakit yang sedang diderita. Selain itu, juga supaya Anda bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Berkeringat di malam hari

Tanda TBC selanjutnya adalah sering berkeringat di malam hari. Ketika Anda merasa keringatan hingga basah kuyup di malam hari, itu patut dipertanyakan. Keringat malam dan kedinginan bisa menjadi tanda tuberkulosis. Ingat, hal ini tidak boleh diabaikan.

3. Kelelahan yang terus-menerus

Kesehatan yang terganggu dapat berdampak secara signifikan khususnya pada kesehatan fisik dan mental. Hal ini mungkin bisa sangat menguras tenaga.

Jika Anda merasa kelelahan tak kunjung henti, ditambah dengan gejala lain yang mencurigakan, jangan abaikan hal tersebut. Sebab, bisa jadi itu adalah gejala TBC.

4. Penurunan berat badan

Berat badan Anda dapat menjadi indikator adanya masalah kesehatan. Ingatlah bahwa setiap perubahan yang mendadak sebaiknya jangan diabaikan.

Selain penurunan berat badan yang tiba-tiba, hilangnya nafsu makan adalah tanda lain dari TBC.

5. Batuk yang tak kunjung hilang

Batuk dalam durasi waktu yang cukup lama atau tidak kunjung berhenti bisa menjadi tanda awal TBC. Tuberkulosis dapat mempengaruhi paru-paru yang dapat menyebabkan batuk terus-menerus. Beberapa tanda lain yang mungkin kemudian muncul, seperti batuk membandel termasuk nyeri dada, sesak napas, dan darah dalam batuk.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya