Kontribusi BTN Syariah Salurkan Pembiayaan Perumahan Subsidi dan Non Subsidi

BTN Syariah menjadi pendukung utama bisnis BTN, khususnya segmen pembiayaan perumahan telah berkontribusi menyalurkan pembiayaan lebih dari 318.000 rumah bagi masyarakat Indonesia

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Feb 2023, 14:53 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 14:40 WIB
Kontribusi BTN Syariah Salurkan Pembiayaan Perumahan Subsidi dan Non Subsidi
(Ki-Ka) Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menekan tombol pada perayaan HUT Unit Usaha Syariah BTN (BTN Syariah) ke -18 di Pontianak, Kalimantan (14/2/2023). (Liputan6.com/HO)

Liputan6.com, Jakarta Setelah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 BTN pada  9 Februari lalu, Unit Usaha Syariah  Bank Tabungan Negara (UUS BTN) merayakan ke 18 tahun terbentuknya UUS BTN atau BTN Syariah. 

BTN Syariah menjadi pendukung utama bisnis BTN, khususnya pembiayaan perumahan yang telah berkontribusi menyalurkan pembiayaan lebih dari 318.000 rumah bagi masyarakat Indonesia.

"Seluruh insan BTN Syariah harus terus meningkatkan kompetensi dan senantiasa berbenah diri untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan keuangan syariah didalam ekosistem perekonomian syariah," kata Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo dalam keterangan tertulis (14/2)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kontribusi BTN Syariah Salurkan Pembiayaan Perumahan Subsidi dan Non Subsidi
(Ki-Ka) Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar (kedua kiri) menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan (kedua kanan) disaksikan oleh Rektor Universitas Tanjung Pura, Garuda Wiko (kiri) dan Ketua MUI Provinsi Kalimantan Barat, M. Basri (kanan) pada perayaan HUT Unit Usaha Syariah BTN (BTN Syariah) ke -18 di Pontianak, Kalimantan (14/2/2023). (Liputan6.com/HO)

Sementara itu, Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan, jejak langkah BTN Syariah selama 18 tahun tidak lepas dari dukungan seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, BP Tapera dan pengembang serta masyarakat Indonesia yang mempercayakan kebutuhan finansialnya kepada BTN Syariah. 

Selama 18 tahun berdiri, Hirwandi, mengakui bahwa kiprah BTN Syariah dominan di segmen pembiayaan perumahan. Tercatat pembiayaan yang disalurkan BTN Syariah selama 18 tahun mencapai lebih dari Rp 19 triliun pembiayaan perumahan subsidi dan lebih dari Rp 9,9 triliun pembiayaan perumahan non subsidi.

“Kami berterimakasih kepada 1 juta nasabah kami, dan sekitar 250.000 nasabah pembiayaan yang setia bersama BTN Syariah, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan produk yang lebih inovatif,” kata Hirwandi.

Inovasi yang dilakukan BTN Syariah, menurut Hirwandi berkembang dari sisi pembiayaan misalnya mengintegrasikan sistem host to host dengan Kementerian PUPR dan BP Tapera sebagai pengelola program. Kemudian meracik produk pembiayaan bagi generasi milenial yaitu KPR HITS yang memudahkan para milenial untuk dapat memiliki rumah dengan jangka waktu yang panjang sampai dengan 30 tahun dan angsuran yang fleksibel. 

Kontribusi BTN Syariah Salurkan Pembiayaan Perumahan Subsidi dan Non Subsidi
(Ki-Ka) Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyerahkan 1818 bibit pohon kepada Direktur PT Kemysantra, M Isnaini mewakili pengembang pada perayaan HUT Unit Usaha Syariah BTN (BTN Syariah) ke -18 di Pontianak, Kalimantan (14/2/2023). (Liputan6.com/HO)

Nasabah juga diberikan kemudahan dalam memilih rumah dan melakuan pengajuan KPR secara online melalui web portal BTN Property yang memungkinkan calon nasabah untuk mengetahui informasi perumahan yang diidamkan dan kemudahan pengajuan KPR serta memberikan layanan proses persetujuan KPR BTN iB yang cepat dan mudah bagi calon nasabah melalui program One Day Approval.

Pada perayaan HUT UUS BTN ke 18 yang di Kota Pontianak, dihadiri oleh Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan. Pada kesempatan tersebut diadakan penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL  secara simbolis berupa penanaman 1.818 pohon tabebuya  kepada M Isnaini, selaku Direktur PT Kemysantra yang mewakili pengembang. Rencananya, 1.818 pohon tersebut akan didistribusikan ke 33 wilayah lingkungan Kantor Cabang UUS BTN di Indonesia. 

Hirwandi menjelaskan, 1.818 pohon tersebut rencananya akan diserahkan ke pengembang perumahan subsidi ditanam difasilitas umum perumahan tersebut.

“Bantuan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian BTN Syariah dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan penghijauan di lingkungan perumahan,” pungkas Hirwandi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya