Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Siap Penuhi Kebutuhan Petani

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan, mendistribusikan 374 ribu ton lebih pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani pada musim panen April 2023

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Apr 2023, 00:25 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 00:16 WIB
Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Siap Penuhi Kebutuhan Petani
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (tengah) didampingi Direktur Produksi PT Pupuk Indonesia (Persero) Bob Indiarto (kedua kanan), Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Tri Wahyudi Saleh (kedua kiri), Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Saifullah Lasindrang (kanan) dan Direktur Operasi & Produksi PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Filius Yuliandi (kiri) memberikan keterangan pers usai meninjau gudang penyimpanan pupuk milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan (17/4/2023). (Liputan6.com/HO)

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan, mendistribusikan 374 ribu ton lebih pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani jelang musim panen April 2023. Pupuk bersubsidi itu terdiri dari 307.968 ton pupuk jenis Urea dan 66.044 ton pupuk NPK.

Pupuk subsidi pemerintah difokuskan untuk sembilan jenis komoditas strategis yaitu padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu dan kakao. Dari jumlah pupuk yang didistribusikan itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani pada masa panen bulan April di sembilan provinsi dalam jangkauan pasokan PT Pusri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Siap Penuhi Kebutuhan Petani
Pekerja melintas di gudang penyimpanan pupuk milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan (17/4/2023). PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan, mendistribusikan 374 ribu ton lebih pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani pada musim panen April 2023. (Liputan6.com/HO)

Sembilan provinsi itu meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski jumlah yang dialokasikan sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, tapi tidak semua petani bisa memanfaatkan pupuk bersubsidi tersebut karena diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian nomor 10 tahun 2022. Peraturan Menteri Pertanian tersebut mengatur petani harus tergabung dalam kelompok tani terlebih dahulu dan terdaftar dari Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) untuk mendapatkan pupuk subsidi.

Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Siap Penuhi Kebutuhan Petani
Pekerja beraktivitas di gudang penyimpanan pupuk milik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan (17/4/2023). PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan, mendistribusikan 374 ribu ton lebih pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani pada musim panen April 2023. (Liputan6.com/HO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya