Cara Arutmin Dukung UMKM Lokal Lewat Program Nawasena

Galeri UMKM Nawasena juga akan menjadi pusat pelatihan pelaku UMKM di wilayah Simantap dan menjadi wadah pengembangan keterampilan dan potensi masyarakat.

oleh Tira Santia diperbarui 30 Jun 2024, 14:57 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2024, 14:18 WIB
Umkm
PT Arutmin Indonesia (Arutmin), melanjutkan dukungannya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) lokal. Salah satu program berkelanjutan yang diinisiasi adalah pendirian Galeri UMKM Bernama Nawasena (Bahasa Sansekerta, Nawasena berarti masa depan yang cerah).

Liputan6.com, Jakarta PT Arutmin Indonesia (Arutmin), melanjutkan dukungannya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) lokal. Salah satu program berkelanjutan yang diinisiasi adalah pendirian Galeri UMKM Bernama Nawasena (Bahasa Sansekerta, Nawasena berarti masa depan yang cerah).

Galeri Nawasena diresmikan pada Jumat, 14 Juni 2024 di Pusat Pelatihan Simantap, Desa Sungai Cuka, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu lokasi tambang Arutmin.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie atau biasa disapa Aga mengatakan, Galeri UMKM Nawasena adalah bukti komitmen PT Arutmin Indonesia dalam mendukung keberlanjutan ekonomi masyarakat sekitar tambang. 

"Kami percaya, dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat menjadi pilar penting dalam pembangunan ekonomi lokal menuju ekonomi nasional yang lebih baik," ujarnya.

“Semangat dan kreativitas para pelaku UMKM patut diapresiasi, semoga ke depannya dapat membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak dengan pengembangan program yang lebih bervariasi,” jelas dia.

Sandra Ido Hutabarat, istri Chief Executive Officer (CEO) Arutmin, saat peresmian Galeri UMKM Nawasena yang dihadiri Kelompok Binaan UMKM, Koperasi, Yayasan, dan karyawan Arutmin menjelaskan tujuan pembentukan Galeri UMKM Nawasena.

"Mempromosikan dan mendukung UMKM lokal sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal. Produk unggulan yang ditampilkan berupa kerajinan tangan, makanan olahan, hingga produk-produk kreatif lainnya,” ujar Sandra Ido.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lokasi Pelatihan

Galeri UMKM Nawasena juga akan menjadi pusat pelatihan pelaku UMKM di wilayah Simantap dan menjadi wadah pengembangan keterampilan dan potensi masyarakat sekitar dengan mengadakan program-program pelatihan di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, infrastuktur, pendapatan rill, komunitas, lingkungan, dan UMKM.

“Kami berharap akan semakin banyak UMKM yang dapat berkembang dan mandiri dengan pendirian galeri ini, sehingga memberi ruang yang lebih luas bagi produk lokal untuk dikenal lebih jauh oleh Masyarakat,” kata Sandra.

Komitmen Arutmin dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) diimplementasikan melalui berbagai program berkelanjutan yang bertujuan untuk terus membangun dan meningkatkan struktur komunitas menjadi lebih berdaya agar tercipta kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di lingkar tambang. 

Sebagai perusahaan yang telah beroperasi selama lebih dari 38 tahun, Arutmin bertanggung jawab atas kelangsungan hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi yang terbagi dalam tiga kabupaten, yakni Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

 

.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya