Ini Dia SVR, Range Rover Berkemampuan Off-Road Sekaligus Sport

Dikatakan, laju Range Rover SVR tak kalah dibandingkan sportcar tulen, seperti Mercedes Benz C63 AMG, Lexus IS-F dan Honda NSX.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 13 Agu 2014, 07:30 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2014, 07:30 WIB
Land Rover Akhirnya Tetaskan SUV Terkencang
Range Rover SVR ini sanggup mengasapi jajaran sportcar kawakan asal Jepang seperti Lexus IS-F dan Honda NSX.

Liputan6.com, London - Pabrikan SUV ikonik asal Inggris, Land Rover, akhirnya resmi memperkenalkan edisi terkencang dari Range Rover. Mengusung embel-embel SVR, Range Rover varian ini diklaim sanggup berlari hingga kecepatan 260 km/jam.

Melansir laman Topgear, Selasa (12/8/2014), Land Rover membekali Range Rover SVR degnan mesin V8 berkapasitas 5,0 liter supercharged yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 542 horse power (HP) dan torsi 502 pound-feet. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan melalui girboks ZF yang diklaim mampu berpindah gigi dua kali lebih cepat.

Meskipun terlahir sebagai sebuah SUV, yang sejatinya memiliki habitat di medan off-road, Range Rover SVR ini diklaim mampu mengasapi jajaran sportcar kawakan lain. Tak hanya Lexus IS-F dan Honda NSX, SVR pun dikatakan memiliiki kecepatan yang setara dengan Mercedes Benz C63 AMG.

Untuk memberikan sensasi balap, Land Rover pun tak luput menyertakan sistem knalpot dua tingkat. Lewat sistem ini, akan dihasilkan suara gahar ala supercar pada putaran tinggi. Sebaliknya, suara hening akan dihasilkan kala mobil melaju di kecepatan normal.

Untuk mengimbangi kecepatan dan tenaga mesin, Range Rover SVR mengusung velg berdimensi 22-inci dan sistem pengereman Brembo. Kaliper enam piston Brembo diharapkan mampu menghentikan laju mobil dengan hitungan presisi.

Pihak Land Rover membanderol SUV terkencang mereka ini dengan harga 93.450 poundsterling atau setara Rp 1,83 miliar (kurs Rp 19.572 per Pound Sterling). Harga tersebut lebih mahal 12 ribu poundsterling atau sekitar Rp 235 jutaan jika dibandingkan harga Range Rover Sport versi standar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya