Hanya dengan Lirikan Mata, Wiper Mobil Ini Bekerja

Teknologi penyeka kaca ini diciptakan agar wiper tidak bekerja secara terus menerus.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 08 Mei 2015, 13:07 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2015, 13:07 WIB
JLR Ciptakan Wiper yang Menyala Dengan Lirikan Mata
Teknologi penyeka kaca ini diciptakan agar wiper tidak bekerja secara terus menerus.

Liputan6.com, London - Jaguar-Land Rover (JLR) menggemparkan jagat otomotif dengan inovasi wiper yang bekerja hanya dengan lirikan mata si pengemudi. Tak hanya itu, JLR juga segera mematenkan temuan canggih untuk penyeka kaca tersebut.

Secara garis besar, teknologi ini bekerja ketika melintasi permukaan jalan yang basah atau sedang turun hujan. Teknologi penyeka kaca ini diciptakan agar wiper tidak bekerja secara terus menerus.

Melansir laman Carscoops, Jumat (8/5/2015), sensor ini bekerja dengan lirikan pengemudi ketika turun hujan. Suatu sistem akan memonitor gerakan kepala dan mata si pengemudi ketika melirik kaca spion.

Sistem tersebut secara otomatis akan menggerakkan wiper di kaca depan maupun belakang setelah si pengemudi melirik spion. Namun demikian, sistem ini memiliki kelemahan karena wiper belakang tidak bekerja sesering yang di depan.

Untuk itu, JLR tetap menyarankan agar wiper tetap dinyalakan secara manual dengan mode bekerja sesekali. Hal ini bertujuan agar si pengemudi tidak kerepotan melirik spion.

(ysp/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya