Toyota Fortuner Garapan TGRI Kuasai 2 Podium di Asia Cross Country Rally 2022

Dua unit Toyota Fortuner Gazoo Racing Indonesia sukses menguasai podium ketiga dan keempat dalam gelaran Asia Cross Country Rally 2022 yang berlangsung di Thailand - Kamboja pada 21 - 26 November 2022

oleh Fahmi Rizki diperbarui 30 Nov 2022, 20:07 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2022, 20:07 WIB
SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)
SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)

Liputan6.com, Jakarta - Ajang rally terganas di kawasan Asia bertajuk Asia Cross Country Rally 2022 (AXCR 2022) yang berlangsung di Thailand - Kamboja pada 21 - 26 November 2022 lalu, menjadi momen keberhasilan Toyota Gazoo Racing Indonesia bersama Fortuner Geolandar Takuma GP.

Selama kompetisi berlangsung, SUV Toyota Fortuner yang telah dimodifikasi untuk menghadapi ganasnya medan tersebut, mampu membuktikan kapabilitasnya di lintasan yang ekstrem.

Dalam bincangnya, Dimitri Fitra, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia, menjelaskan keberhasilan yang diraih pada tahun ini tidak lepas dari kondisi mobil yang mumpuni serta dibantu dengan kesiapan tim dalam mempersiapkan mobil sepanjang balapan berlangsung.

"Seru banget. Dan ini tidak disangka bisa dapat podium ketiga dan keempat. Untuk yang menguasai podium pertama dan kedua AXCR 2022, itu memang dia local hero dan sudah tahu karakter lintasan seperti apa," buka Fitra, saat dihubungi Liputan6.

 

 

SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)
SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)

Sementara itu, bicara mengenai perjuangan tim untuk bisa meraih podium ketiga dan keempat, tentu diwarnai dengan beberapa insiden serta kendala sepanjang balapan. Tetapi, lewat personil yang solid tersebut, mampu memberikan support untuk menghadirkan mobl reli yang mumpuni.

"Kalau bicara kendala, pasti ada kendala karena ini kan rally panjang, dan itu selalu ada di setiap hari. Dan itu macam-macam, entah ban pecah, atau rem bermasalah, dan masih normal karena pakai shocbreaker panjang," imbuhnya.

Bicara mengenai keunggulan SUV Toyota Fortuner ini, berbekal mesin standar yakni mesin diesel 2.8 liter, dirasa begitu kompetitif karena mampu melibas segala kondisi medan. Tidak hanya itu, ubahan pada sektor kaki-kaki juga turut menjadi penopang kesuksesan tim tersebut.

"Kalau mesin sebenarnya unggul banget enggak, dan lebih ke biasa. Tapi kalau dibilang pelan, tapi enggak juga, tetap performanya ini mumpuni. Kita masih pakai mesin Fortuner 2.8 liter, sama seperti standarnya. Mesin enggak ada kendala, dan fine-fine saja justru kendala di kaki-kaki. Kalau melihat track kemarin, mobil kita unggul di track yang basah dan banyak lubangnya. Mobil Fortuner ini unggul di trek kaya gitu, karena memang set up-nya cocok untuk trek kaya gini," beber Fitra.


Komentar Pereli Terkait Mobil Fortuner Rally

SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)
SUV Toyota Fortuner sukses lampaui medan ekstrem di AXCR 2022 (TGRI)

Ikuo Hanawa, salah satu driver yang menggeber Toyota Fortuner tersebut sejak awal memiliki feeling yang baik terhadap SUV tersebut. Menurutnya, set up mesin dan kaki-kaki yang telah dipersiapkan oleh Toyota Gazoo Racing Indonesia serta beberapa tim, mampu memaksimalkan potensi mobil tersebut.

"Ya dia bilang mobil ini oke, sejak tes pertama kali dia langsung bilang bahwa karakter mobil ini oke mulai dari performa, handling, semua pas. Pada saat balapan pun mobil juga sudah menyatu dengan dia, dari awal impresi dia memang oke dengan mobil ini," beber Fitra menjelaskan komentar Ikuo Hanawa terkait performa mobil.

Namun hal lain yang juga menurutnya menjadi peran penting adalah kesiapan dari tim mekanik. Kali ini, dalam Asia Cross Country Rally 2022, TGRI tidak seorang diri, tetapi mereka juga turur didukung oleh mekanik dari Jepang dan Thailand.

"Kerjasama tim itu sangat penting di sini, karena bukan cuma psikis atau fisik, tetapi kita mental dan emosional di sini sangat memengaruhi bagaimana teamwork ini bekerja. Tapi semua kerja keras kita kebayar banget sama podium ini," tanda Dimitri Fitra.

Pada akhir pertarungan tersebut, Ikuo Hanawa yang berpasangan dengan Hirozaku Somemiya menepati podium ketiga di bawah dua pereli asal Thailand. Sedangkan Takuma Aoki yang berpasangan dengan Simaraks Itthipon, menguasai podium keempat di atas pereli Indonesia, Rifat Sungkar yang juga turut ambil bagian dalam AXCR 2022.


Infografis Stadion Piala Dunia 2022

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya