Enggak Peduli Harganya Rp 1,39 Miliar, 95 Orang Sudah Antre Honda Civic Type R

Generasi keenam Honda Civic Type R telah resmi dipasarkan di Indonesia. Banderolnya fantastis, Rp 1,399 miliar on the road Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Apr 2023, 18:12 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2023, 18:12 WIB
All New Honda Civic Type R Resmi Goda Pencinta Adrenalin di Indonesia, Harga Rp 1,399 Miliar
All New Honda Civic Type R Resmi Goda Pencinta Adrenalin di Indonesia, Harga Rp 1,399 Miliar (Amal/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Generasi keenam Honda Civic Type R telah resmi dipasarkan di Indonesia. Banderolnya fantastis, Rp 1,399 miliar on the road Jakarta.

Meski harganya mahal, mobil sport ini tetap diminati. Bahkan sebelum diluncurkan, pemesanannya sudah nyaris 100 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menyebutkan, bila antusias konsumen dari all new Honda Civic Type R jauh lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya. Hal ini dilihat dari jumlah pemesanan sebelum tanggal perilisan.

"Model sebelumnya (selama 2 tahun) terjual sebanyak 118 unit. Dan yang terbaru ini sebelum launching sudah 95 unit dipesan, jadi animonya sangat jauh berbeda," kata Billy di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Dari total pemesanan yang didapat oleh HPM atas Civic Type R anyar, pihaknya baru menerima alokasi sebanyak 15 unit dari prinsipal Honda di Jepang. Pada momen peluncuran, mereka turut melakukan proses penyerahan kepada 10 konsumen pertama. 

Proses distribusi unit, masih dijelaskan oleh Billy, akan terus dimaksimalkan oleh HPM. Honda Indonesia berjanji akan melakukan upaya intens dan komunikasi kepada prinsipal agar pemenuhan unit bisa diselesaikan dengan cepat.

Alasan utama mengapa pembelian dari Civic Type R perlu inden dikarenakan jumlah produksinya yang terbatas. Pemicu permasalahan ini disebabkan oleh pasokan komponen yang disebut mengalami masalah.

"Unit ini memang banyak peminatnya tapi produksinya sangat terbatas. Jadi apakah masih bisa mendapatkan, ya, tolong komunikasikan dengan diler kami untuk melihat kedatangan unit dengan alokasi yang akan diberikan oleh prinsipal kami dari Jepang," jelasnya.

Sementara terkait update distribusi dari Jepang ke Indonesia, pada Mei dan Juni dijelaskan masing-masing akan mendapat masing-masing di bawah 10 unit. Kemudian pada Juli diproyeksi lebih dari 10 unit tiba di Tanah Air.

"Kami terus berupaya dan selalu berkomunikasi dengan prinsipal. Jadi apakah 95 unit itu akan dapat semua di 2023, saya tidak bisa bilang iya karena kami akan melakukan komunikasikan dengan prinsipal, konsumen, dan diler. Jadi tidak bisa dipastikan bisa dapat atau tidak," papar Billy.

All new Honda Civic Type R 2023 dijual dengan harga Rp 1,399 miliar on the road (OTR) Jakarta. Bila membandingkan dengan model sebelumnya, generasi anyar itu mengalami kenaikan hingga Rp 282 juta.

Eskalasi banderol pada Civic Type R FL5 berdampak pada ubahan di bagian eksterior, interior, penambahan fitur, dan juga kalibrasi pada sektor enjin yang kini lebih bertenaga dan buas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mesin Buas

Mesin dari sedan sport garapan Honda ini masih mengemas jantung pacu KC20C1, 2.0L, 4-silinder, VTEC, Turbocharged yang sanggup memproduksi tenaga maksimal 319 PS (315 hp) pada 6.500 rpm, dengan torsi puncak 420 Nm pada 2.600-4000 rpm. Setidaknya ada kenaikan tenaga 9 Hp dan torsi melupa 20 Nm lewat beberapa tuning yang dilakukan.

Seluruh tenaga tersebut kemudian disalurkan lewat transmisi manual 6-percepatan ke roda depan. All new Civic Type R juga memegang rekor sebagai sedan sport berpenggerak FWD (front wheel drive) tercepat di Sirkuit Suzuka Jepang dengan catatan waktu 2 menit 23,12 detik.

Dia juga diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 272 km/jam dimana mobil ini mampu mencatatkan waktu 5,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam.

Fitur keselamatan pada mobil ini juga makin lengkap. Di mana Civic Type R terbaru sudah dilengkapi dengan 8 airbags, Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). dan Brake Assist (BA). 

Lalu hadir pula Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Smart Key, Smart Entry System dengan Push Start Stop Button, Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold, hingga teknologi keselamatan semi otonomos atau Honda Sensing.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya