Selis E-Max Jadi Motor Listrik Pertama Bersubsidi, Harganya Jadi Rp 13 Jutaan

Motor listrik Selis dengan model Selis E-Max menjadi motor listrik pertama yang dibeli menggunakan bantuan atau subsidi dari pemerintah.

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 15 Mei 2023, 20:12 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 20:12 WIB
Selis E-Max
Selis E-Max. (Dok. Selis)

Liputan6.com, Jakarta Insentif motor listrik sudah mulai diberlakukan sejak Maret 2023. Meski sudah jalan sekitar 2 bulan, subsidi ini baru resmi digunakan untuk pertama kalinya pada Minggu 14 Mei.

Kendaraan roda dua bermerk Selis dengan model Selis E-Max milik PT Gaya Abadi Sempurna Tbk menjadi motor listrik pertama yang dibeli menggunakan bantuan atau subsidi dari pemerintah.

Potongan harga yang diberikan pemerintah untuk pembelian motor listrik ini sebesar Rp 7 juta. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Dilansir Antara, sosok orang yang menjadi pelopor penggunaan insentif sepeda motor tersebut bernama Nureman, warga Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Motor listrik model Selis E-Max ini dibelinya pada harga Rp 13,49 juta on the road (OTR), dengan menggunakan subsidi pemerintah.

Jika tidak dikurangi dengan subsidi, motor listrik tersebut dibanderol Rp 18 jutaan. Motor listrik Selis E-Max tersebut menggunakan satu baterai Lithium, dengan biaya charge baterai sekitar Rp 2.500-an dengan jarak tempuh sejauh 60 kilometer (KM).

Untuk proses pembeliannya, General Manager SLIS Houtsma Simon menyampaikan skema mendapatkan bantuan pemerintah di Selis hanya perlu melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sesudah itu, proses pengecekan pada sistem akan dilakukan perusahaan.

Apabila konsumen dinyatakan mendapatkan bantuan, tim Selis akan menghubungi dan meminta foto KTP, yang akan digunakan untuk mengurus STNK konsumen.

 


Daftar Motor Listrik yang Mendapat Subsidi

Nureman dengan member card Selis dan jaket Selis. Dok Selis
Nureman dengan member card Selis dan jaket Selis. Dok Selis

"Saya datang ke Selis Center Grand Wisata dan dijelaskan syaratnya. Kemudian saya memberitahukan mendapatkan BPUM dan diberitahukan syaratnya itu saja. Data yang diminta nama, alamat, dan NIK," ungakp Nureman.

Namun, perlu diingat jenis motor listrik yang mendapatkan potongan harga harus terdaftar dalam Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira), yang telah terverifikasi memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen.

Sebagai informasi tambahan, berikut daftar motor listrik yang mendapat subsidi dari pemerintah:

  1. Gesits G1 A/T
  2. UNITED T1800 A/T
  3. UNITED TX3000 A/T
  4. UNITED TX1800 A/T
  5. Smoot elektrik tempur
  6. Smoot elektrik Zuzu
  7. Volta 401
  8. Selis E-Max
  9. Selis Agats
  10. Viar new Q1
  11. RAKATA X5
  12. RAKATA 59
  13. Polytron PEV 30M1 A/T

Infografis Motor Listrik

Infografis Motor Listrik
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya