Toyota Siapkan GR86 Berikutnya dengan Mesin GR Yaris?

Laporan menunjukan bahwa para insinyur Toyota sudah bekerja keras untuk generasi berikutnya, dan mungkin akan membuang mesin boxer-empat Subaru sepenuhnya.

oleh Arief Aszhari diperbarui 13 Nov 2023, 09:14 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2023, 09:14 WIB
Toyota GR86
Toyota GR86 di GIIAS 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota memutuskan untuk generasi kedua GR86 akan sedikit berbeda dari Subaru BRZ, dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun, hal tersebut baru permulaan karena generasi ketiga, mobil sport asal Jepang ini dirumorkan bakal mendapatkan mesin GR Yaris dan juga platform Lexus.

Disitat dari Carscoops, laporan menunjukan bahwa para insinyur Toyota sudah bekerja keras untuk generasi berikutnya, dan mungkin akan membuang mesin boxer-empat Subaru sepenuhnya. Sebagai gantinya, Toyota diduga memilih mesin tiga silinder 1,6 liter turbocharged.

Rumor tersebut hanya mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, dan berasal dari Japan's Best Car Web, jadi mungkin tidak ada salahnya. Mesin tiga silinder tentu saja sukses bagi produsen mobil tersebut. Saat ini, mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 300 tk pada GR Corolla, yang merupakan lompatan besar dibandingkan Toyota GR86 saat ini, yang mesin empat silindernya menghasilkan tenaga hingga 235 tk.

Tampaknya Toyota tidak hanya selesai dengan mesin Subaru saja. Hal serupa juga dilakukan pada platform Subaru, karena kabarnya akan menyematkan mesin 1,6 liternya ke dalam versi pendek sasis yang menopang Lexus IS.

Terakhir, dapat dilengkapi dengan mesin V8 5,0 liter yang menghasilkan tenaga 472 tk, sehingga seharusnya lebih dari mampu mengakomodasi mesin tiga silinder Toyota. Namun, versi dasarnya mendapat mesin empat silinder yang menghasilkan lebih sedikit dibandingkan GR Corolla, sehingga tidak memerlukan tenaga sebesar itu untuk bisa bersenang-senang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Platform

Tidak sulit membayangkan bagaimana platform ini bisa menjadi mobil pengemudi sejati dengan bobot lebih ringan dan proporsi lebih kompak. Selain itu, platform Lexus mungkin menawarkan lebih banyak penyempurnaan daripada fondasi GR86 yang sudah ada.

Belum ada kabar mengenai apa artinya ini bagi Subaru BRZ, namun Best Car Web mengklaim bahwa GR86 baru akan tiba pada 2025, yang sepertinya akan segera terjadi, karena model saat ini diperkenalkan pada 2021.

 


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya