Subaru WRX tS 2025 Pakai Turbo, Remnya Brembo

Dengan Subaru WRX tS 2025 Subaru tersebut tak malu-malu menyematkan turbo ke dalam kap mesinnya dam seragam peningkatan untuk mendukung performa balap.

oleh Khizbulloh Huda diperbarui 02 Jun 2024, 15:15 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 15:15 WIB
Subaru WRX tS 2025
Subaru WRX tS 2025 hadir dengan mesin turbo dan beberapa peningkatan untuk membuatnya cocok untuk performa balap. (Subaru)

Liputan6.com, New Jersey - Subaru memamerkan lini WRX terbarunya yang kini telah disetel dan diperjualbelikan dengan trim tS baru di Wicked Big Meet, festival penggemar Subaru terbesar di Amerika yang bertempat di Stafford, Connecticut, pada Minggu (2/5/2024).

Trim tS berarti performa, dan itu adalah akronim dari "Tuned by STI", sub-merek performa internal Subaru yang kini akan melekat namanya pada WRX.

Sebelumnya, Subaru telah menyertakan varian trim tS ke Subaru BRZ 2024, namun tak ada turbo yang disematkan. Mesinnya tetap menggunakan aspirasi normal meski sasisnya mampu menampung tenaga lebih.

Namun kali ini dengan Subaru WRX tS 2025, jenama asal Negeri Sakura tersebut tak malu-malu menyematkan turbo ke dalam kap mesinnya.

Mesin yang tersemat di dalam WRX tS baru ini adalah mesin boxer 2,4 liter turbocharged berkekuatan 271 tenaga kuda, seperti diketahui dari rilis resmi perusahaan. Walaupun kini sistem pernapasan mesinnya telah diubah ke turbo, keluaran performanya masih sama dengan yang ditemukan pada varian WRX lainnya.

Mesin turbo itu akan dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan yang akan menyalurkan sejumlah tenaga mesin ke seluruh rodanya.

Perbedaan lainnya terletak pada suspensi baru yang disetel STI dengan peredam yang dikontrol secara elektronik dan penyetelan suspensi yang direvisi. Ini adalah perlakuan yang mirip dengan WRX TR 2024.

Karena WRX tS memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik, maka itu juga berarti mobil sport ini akan dibekali fitur Drive Mode Select untuk memilih modus berkendara Comfort, Normal, dan Sport, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh WRX GT.

Sistem pengeremannya juga akan ditingkatkan dengan Brembo berperforma tinggi yang meningkatkan kaliper depan 6 piston dan kaliper belakang 2 piston yang akan hadir dengan warna emas khas, serta bantalan dan rotor yang lebih besar. Kemudian itu akan didukung dengan peningkatan pelek trim eksklusif berukuran 19 inci yang dibalut ban Bridgestone Potenza S007 245/35.


Ubahan pada Eksterior dan Interior

Subaru WRX tS 2025
Peningkatan pada interior Subaru WRX tS 2025 yang mendukung kenyamanan di dalam kabin. (Subaru)

Ubahan pada eksteriornya tidak terlalu kentara karena hanya akan mengubah sedikit detail pada spoiler deklid belakang, kaca spion, dan antena sirip hiu yang akan berkelir Crystal Black glossy. Detail lain tentu saja akan ada penambahan lencana WRX berwarna merah khas tS di gril depan.

Masuk ke dalam kabinnya, peningkatan akan menyertakan satu set jok Recaro hitam Ultrasuede eksklusif dengan aksen biru dan logo WRX tS yang disulam di sandaran kepala depan. Kursi pengemudinya juga memiliki fitur penyesuaian daya delapan arah.

Roda kemudi, panel pintu, dan trim shifternya akan mendapat aksen biru untuk menyelaraskan nada warna pada jok.

Pengemudi juga akan mendapatkan kluster pengukuran digital 12,3 inci baru di depan roda kemudinya untuk menggantikan bilah konvensional yang telah lama ada di WRX.

Soal dukungan hiburan, WRX tS 2025 hadir standar dengan sistem infotainment Starlink Subaru dengan layar sentuh 11,6 inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang terkoneksi nirkabel.

Soal keamanan, terdapat teknologi Eyesight Driver Assist Subaru yang mencakup fitur seperti pengereman sebelum tabrakan, keberangkatan jalur, kontrol jelajah adaptif, dan peringatan guncangan.


Tanggal Rilis dan Harga Subaru WRX tS 2025

Untuk membeli Subaru WRX tS 2025 ini, perusahaan baru akan mengumumkan sejumlah uang yang bisa ditukar pada akhir tahun ini. Namun, Motor Trend memperkirakan itu akan ada di sekitar USD 40.000 atau setara Rp 650 juta, belum termasuk pajak.

Subaru mengatakan WRX tS 2025 akan sampai ke dealer di Amerika mulai kuartal pertama tahun 2025.


Infografis Mobil Kepresidenan

infografis Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya