Hari Pertama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Berjalan Mulus

Hari pertama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 mempertandingkan sesi Free Practice dan Practice 1 untuk kelas Moto3 dan Moto2 serta Free Practice 1 dilanjutkan Practice 1 untuk kelas MotoGP.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 28 Sep 2024, 12:02 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 12:02 WIB
MotoGP
Pembalap Enea Bastianini (Ducati Lenovo) tampil menjadi yang tercepat dengan waktu 1’29.630 detik pada Practice 1 Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok. (ITDC)

Liputan6.com, Jakarta - Usai kantongi homologasi sirkuit dengan Grade A dari FIM, ITDC, InJourney dan MGPA langsung menggelar Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Indonesia) di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (27/9/2024).

Hari pertama Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 mempertandingkan sesi Free Practice dan Practice 1 untuk kelas Moto3 dan Moto2 serta Free Practice 1 dilanjutkan Practice 1 untuk kelas MotoGP.

Bersamaan dengan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, dilangsungkan juga putaran ketiga Asia Talent Cup yang diikuti oleh dua pembalap muda Indonesia, M Kiandra Ramadhipa dan Davino Britani.

Pada Practice 1 yang menentukan pembalap masuk kualifikasi Q2, Pembalap  Enea Bastianini (Ducati Lenovo) tampil menjadi yang tercepat dengan waktu 1’29.630 detik disusul Jorge Martin (Pramac Ducati) dan rekan setimnya Franco Morbidelli.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno turut menghadiri penyelenggaraan hari pertama. Dirinya menyampaikan, beberapa pembalap MotoGP seperti Marc Marquez termasuk Dorna sangat memuji kualitas sirkuit yang bagus termasuk penyelenggaraannya.

"Ajang MotoGP di Mandalika tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga menjadi pendorong utama bagi peningkatan sektor pariwisata di NTB," kata Menteri Sandi.

Ia pun berharap dukungan penuh dari masyarakat, mengingat jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Sementara itu, Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2024 Troy Warokka menyatakan, selain melihat aksi para pembalap melakoni sesi latihan bebas Jumat, antusias pengunjung di hari pertama juga terlihat di berbagai program pendukung lainnya.

"Beberapa area yang dikemas artistik menjadi daya tarik penonton sebelum memasuki kawasan parkir Deluxe Zone. Konsep area Hero Walk dan Motorsport Zone yang menampilkan berbagai pernik dan aksesori otomotif serta aneka apparel menjadi suguhan segar ditambah beragam booth Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).” ujar Troy. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dimeriahkan Berbagai Acara

Wujud dukungan sponsor juga menjadi nilai lebih dari sebuah kemitraan bersamaan dengan gelaran MotoGP di Indonesia. Hal ini mempunyai dampak luas kepada masyarakat di bidang lingkungan, rekreasi, seni serta edukasi lainnya.

Penanaman pohon di acara “Journey to Green Tourism Mandalika” pada Kamis lalu bersama BRI dan pembalap MotoGP merupakan salah satu di antaranya.

Kemudahan untuk memperoleh akses transportasi udara serta perjalanan menuju sirkuit juga menjadi bagian tak terpisahkan yang dilakukan bersama dengan Garuda Indonesia, Citilink serta DAMRI.  

Selain itu, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 juga dimeriahkan dengan “Pertamina Energizing You Festival”. Festival ini menampilkan berbagai hiburan menarik, termasuk pertunjukan musik dan beragam booth Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menawarkan produk lokal seperti makanan, minuman, serta produk kerajinan tangan.

“Dengan dukungan berbagai pihak menunjukkan bahwa ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 ini memperkuat posisi The Mandalika sebagai The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination”. Diharapkan gelaran ini terus memberikan hiburan dan dampak positif bagi masyarakat, serta menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” tutup Troy.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya