Kesuksesan PDIP Usung Jokowi Tak Akan Terulang pada Risma?

Kepuasan warga Jakarta terhadap Ahok dan Fauzi Bowo yang saat itu menjadi petahana jauh berbeda.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 05 Agu 2016, 11:45 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2016, 11:45 WIB
risma mega
Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendampingi Ketua Umum PDIP dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani saat mengunjungi eks Lokalisasi Dolly di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (2/8/2015) (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta Tri Rismaharini atau Risma terus didorong agar maju di Pilkada DKI Jakarta. Wali Kota Surabaya itu dinilai paling mampu mengalahkan calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Namun, menurut pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya jika PDIP mencalonkan Risma, partai itu tak akan mengulang kesuksesannya seperti mengusung Jokowi-Ahok di Pilkada DKI 2012.

Sebab, menurut dia, kepuasan warga Jakarta terhadap Ahok dan Fauzi Bowo yang saat itu menjadi petahana jauh berbeda.

"Perbandingan keputusan publik dengan incumbent antara Foke dan Ahok tidak apple to apple. Saat itu Foke punya elektabilitas tinggi tapi kepuasan warga Jakarta terhadap kinerjanya di bawah 50 persen. Sementara tingkat kepuasan terhadap kinerja Ahok lebih dari 60 persen," kata Yunarto kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Meski demikian, kata Yunarto, peluang Risma untuk memenangkan Pilkada DKI Jakarta tetap terbuka.

"Tapi tidak semudah Jokowi kalahkan Foke, karena Foke saat itu tidak memuaskan publik," lanjut dia.

Meski demikian, Yunarto menegaskan orang yang berpotensi mengalahkan Ahok di Pilkada DKI adalah kepala daerah yang berprestasi seperti Risma dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya