Duet Prabowo Subianto-Erick Thohir Dinilai Unggul Telak dalam Simulasi Pilpres

Hasil survei LSI menunjukkan Prabowo - Erick Thohir berhasil menang dengan perolehan angka sebesar 48,6 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mei 2023, 17:41 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 17:32 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Gedung Kemhan, Jakarta. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Duet Prabowo Subianto - Erick Thohir unggul berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada April 2023. Survei LSI menempatkan pasangan Prabowo - Erick Thohir unggul dari Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Jarak elektabilitas keduanya menempatkan Prabowo - Erick unggul," tutur Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dikutip Sabtu (6/5/2023).

Hasil survei LSI menunjukkan Prabowo - Erick Thohir berhasil menang dengan perolehan angka sebesar 48,6 persen. Sedang pasangan Anies - AHY hanya menempati posisi dua dengan hanya memperoleh raihan sebanyak 37,9 persen.

Dia memaparkan persentase kemenangan Prabowo - Erick Thohir terhadap Anies - AHY cukup unggul jauh. Jarak di antara kedua pasangan ini bahkan mencapai angka sebesar 10 persen.

"Keduanya berada di angka sekitar 10 persen lebih. Jarak gap 10 persen lebih," papar Djayadi.

Elektabilitas duet Prabowo - Erick Thohir, dia menambahkan, tumbuh perkasa menjelang pelaksanaan pada Pilpres mendatang. Keduanya perkasa berada di puncak kemenangan Pilpres 2024 melawan Anies - AHY jika pemilihan dilakukan pada saat sekarang.

Survei LSI yang dilakukan pada priode 12-17 April 2023 ini mencatkan, pada simulasi tertutup dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo - Erick Thohir berada di posisi teratas. Keduanya mampu mengalahkan pasangan Anies - AHY bila pemilihan dilakukan pada waktu sekarang.

"Kalau pasangan Prabowo - Erick Thohir yang maju berhadapan dengan Anies - AHY," terang Djayadi.


Duet Prabowo Erick Thohir Dinilai Paling Ideal

Pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir dinilai ideal untuk Pilpres 2024. Kekuatan elektoral keduanya menjadi modal berharga menguatkan keterpilihan di masyarakat.

“Erick Thohir dinilai cukup berpotensi berpasangan dengan Prabowo," ujar Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institut Ahmad Hidayah, Sabtu (29/4/2023).

Ahmad menuturkan, potensi keterusungan keduanya menciptakan adanya dukungan besar untuk maju pada Pilpres mendatang. Baik Prabowo dan Erick Thohir sama-sama miliki amunisi komplet sebagai capres-cawapres.

Menurut dia eks Presiden Inter Milan ini mempunyai segudang keunggulan sehingga layak diusung cawapres. Sosoknya menjadi sangat pas untuk dapat mendampingi Prabowo pada Pilpres nanti.

Hasil sejumlah survei yang menunjukkan tingkat elektabilitas tinggi Erick Thohir sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Rekaman survei Poltracking Indonesia priode 9 - 15 April 2023 menunjukkan hasil teratas dengan persentase sebesar 17,1 persen.

Lebih jauh dia menyebut bahwa, faktor logistik tidak bisa dikesampingkan dalam mengarungi pertarungan elektoral Pilpres 2024. Logistik memiliki peranan yang cukup penting.

“Secara finansial, Erick Thohir cukup kuat, sehingga ditambah dengan finansial Prabowo yang juga kuat,” ujar Ahmad

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya