Perjodohan PDIP dan PBNU Potensi Lahirkan Duet Ganjar – Erick

Dari corak kepemimpinan, Rommy juga mengatakan Erick Thohir cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Mengingat Ganjar Pranowo memiliki corak kepemimpinan nasionalis dan Erick Thohir religius.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Mei 2023, 17:31 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2023, 16:08 WIB
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal 1444 H atau Sabtu (8/12/2022). Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir.
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal 1444 H atau Sabtu (8/12/2022). Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat berpasangan Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang semakin menguat. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut berjodoh dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di konetstasi demokrasi mendatang seperti Pilpres 2019 lalu.

Jika perjodohan ini kembali terjadi besar kemungkinan duet Ganjar – Erick di Pilpres 2024 terwujud. Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy mengatakan kini Megawati tengah meminta usulan nama resmi dari PBNU untuk pendamping Ganjar.

Kemudian ia mengatakan dalam bursa cawapres dari kader – kader NU yang ada saat ini sosok Erick berada di posisi teratas.

“Bu Mega meminta usulan nama resmi cawapres dari PBNU. Kemudian saya dengar PBNU tengah melakukan ‘seleksi’ dari nama-nama kader NU dan Erick Thohir memuncaki klasemen kandidat cawapres PBNU, karena sudah kader NU,” terang Rommy, dikutip Sabtu (13/5/2023).

Dari corak kepemimpinan, Rommy juga mengatakan Erick Thohir cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Mengingat Ganjar Pranowo memiliki corak kepemimpinan nasionalis dan Erick Thohir religius.

“Mas Ganjar itu mewakili sosok nasionalis, hari ini sosok nasionalis dan religius tidak bisa dipisahkan,” ujar Rommy.

“Jadi kalau ditanya (Erick Thohir) cocok untuk berpasangan dengan Ganjar, cocok,” imbuhnya.

Terakhir, mantan Ketum PPP ini mengatakan Erick Thohir sarat akan kepemimpinan bercorak religius dalam peta perpolitikan nasional. Di mana pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini adalah Anggota Kehormatan Banser, Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU dan Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

“Pak Erick Thohir salah satu pemimpin yang memiliki branding religius, kita tahu persis Pak Erick Thohir Ketua MES, masuk menjadi Banser, ketua panitia satu abad NU, artinya Pak Erick Thohir ini sudah menjadi NU,” pungkas Rommy.


Erick Thohir Layak Diusung Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir disebut masuk sebagai figur potensial yang layak diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Kinerja mentereng Erick Thohir membuat sosoknya menjadi andalan Presiden Jokowi.

Menurut Pengamat Politik Indo Barometer M. Qodari, Presiden Jokowi cukup memiliki peranan penting dalam penentuan kandidat pada Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya mendorong Erick Thohir sebagai cawapres.

“Pak Jokowi ini akan berpengaruh terhadap peta koalisi yang ada, termasuk juga misalnya soal calon wakil presiden,” ujar Qodari dikutip dalam siniar channel You Tube MindTV Indonesia.

Kondisi demikian, dia menambahkan, terlihat pada sejumlah kesempatan Presiden Jokowi seringkali menyebut nama Erick Thohir di hadapan publik. Hal tersebut, menurut dia, menciptakan dampak positif terhadap Erick Thohir.

Dia menilai nama Erick Thohir akan semakin menguat jelang Pilpres 2024. Lebih dari itu, Ketua Umum PSSI ini, menjadi sosok yang mendapat pertimbangan serius oleh partai politik (parpol) untuk diusung cawapres.

“Misalnya ketika (Presiden Jokowi) ditanya siapa untuk cawapres, ya ada Erick Thohir,” ucap Qodari.

Kondisi tersebut, dia melanjutkan, semakin dikuatkan dengan raihan tinggi elektabilitas Erick Thohir dalam hasil rekaman lembaga survei. Erick Thohir menjadi sosok yang konsisten tempat daftar elektabilitas teratas.

Catatan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan periode 11-17 April 2023 menunjukkan. Elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikan signifikan sejak beberapa bulan ke belakang. Lonjakan elektabilitas sudah mulai terlihat sejak dari bulan Februari 17,5 persen menuju Maret sebesar 11,3 persen. Hingga kemudian melesat pada April sebesar 17,3 persen.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya