Grace Natalie Sebut Pemilu.AI Jadi Solusi Caleg Muda PSI yang Kekurangan Dana

Patform kampanye politik dengan format kecerdasan buatan generatif atau AI dengan nama Pemilu.AI telah diresmikan oleh Founder Pemilu.AI Yose Rizal pada, Kamis (20/7/2023).

oleh Miranda Pratiwi diperbarui 29 Jul 2023, 09:58 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2023, 23:01 WIB
Grace Natalie
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Louisa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan platform Pemilu.AI sangat membantu para calon anggota legislatif (caleg) PSI dalam melakukan kampanye politik.

Apalagi, lanjut dia, caleg dari PSI banyak didominasi dari kalangan muda dan punya keterbatasan dana.

"Buat kita ini skema yang sangat masuk akal. Kita dari dulu memang percaya dengan big data, kita harusnya memakai teknologi supaya biaya-biaya politik, biaya campaign lebih murah. Jadi ini bisa lebih efisiensi biayanya," ujar Grace di Djakarta Theater XII, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Grace pun menilai, penggunaan konsultan profesional memerlukan biaya miliaran. Meski ada konsultan yang menawarkan dengan harga murah, akan tetapi tidak dapat dipercaya. 

"Saya lebih percaya big data karena bisa dipegang, ketimbang konsultan abal-abal yang sebenarnya biaya yang di quote lebih besar daripada yang ditawarkan oleh Pemilu.AI," ujarnya.

Sebelumnya, platform kampanye politik dengan format kecerdasan buatan generatif (artificial intelligence) atau AI dengan nama Pemilu.AI telah diresmikan oleh Founder Pemilu.AI Yose Rizal pada Kamis (20/7/2023).

Pemilu.AI ini berkomitmen memberikan solusi permasalahan caleg dalam memahami karakteristik di konstituen di dapilnya dan memberi ruang untuk berkompetisi secara berintegritas dengan biaya yang terjangkau sehingga wakil rakyat mendapatkan manfaatnya.

"Ada 84 dapil DPR RI, 301 dapil DPR provinsi dan 2325 dapil kota/kabupaten. Jadi kita bisa bayangkan akan ada 300 ribu caleg yang akan berkompetisi," ujar Yose dalam peluncuran Pemilu.AI.

“Tiap dapil lebih dari 100 caleg yang akan berkompetisi dan tidak semua teman caleg dapat mengakses data dan informasi dan mengolahnya. Jadi strategi kampanye yang kita tahu biaya politiknya sangat besar," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kekhawatiran Grace Masalah Kebocoran Data

Grace Natalie
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Louisa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Grace pun juga mengungkapkan sedikit kekhawatirannya terkait kebocoran data pada penggunaan Pemilu.AI. Guna mengatasi hal ini, Grace menyatakan tidak akan terlalu terbuka di platform tersebut. 

"Saya sih kemungkinan bakal pakai ini, tapi saya kemungkinan nggak akan terlalu terbuka seratus persen dan saya akan sembari liat, kira-kira cocok nggak sarannya dengan apa yang terjadi di dapil saya," ujar Grace Natalie

Diakhir ia mengatakan akan tetap memilih Pemilu.AI karena orang Jakarta menggunakan media sosial yang mana setiap hari isu yang diterima berubah. Jadi penggunaan platform ini masih relevan untuk memantau perkembangan isu di masyarakat.

 

Miranda Pratiwi

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya