PAN Ungkap Bakal Ada Parpol Non-Parlemen Gabung Koalisi Pendukung Prabowo

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan, akan ada partai non parlemen yang bergabung ke koalisinya untuk mendukung Prabowo Subianto menjadi capres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Agu 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023, 08:00 WIB
Sekjen PAN, Eddy Suparno (Nur Habibie/Merdeka.com)
Sekjen PAN, Eddy Suparno (Nur Habibie/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan, akan ada partai non-parlemen yang bergabung ke koalisinya untuk mendukung Prabowo Subianto menjadi capres 2024. Dia menyebut, parpol non parlemen yang bakal mendukung Prabowo itu lebih dari satu.

Meski begitu, Eddy belum mau membocorkan siapa parpol non-parlemen yang dimaksud. Saat ini Prabowo telah mengantongi dukungan dari Gerindra, PKB, Golkar, PAN dan PBB.

"Saya mengetahui akan ada, tetapi siapa, rasanya bukan hak saya untuk menyampaikan tetapi akan ada dalam waktu dekat. Berapa? Lebih dari satu," ungkap Eddy di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (26/8/2023).

Pada Minggu 30 Juli 2023 lalu, sejumlah perwakilan partai politik baik parlemen maupun nonparlemen menghadiri deklarasi dukungan Partai Bulan Bintang (PBB) kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Agenda deklarasi tersebut bersamaan dengan acara Milad atau hari lahir PBB ke-25 yang digelar di ICE, BSD, Kota Tangerang.

Beberapa partai yang hadir seperti PKB, Golkar, PAN, PKN, Partai Buruh, hingga PSI. PKB yang merupakan rekan koalisi Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) langsung dihadiri Ketua Umum mereka Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Cak Imin ditemani Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid dan Wasekjen Syaiful Huda. Sementara PAN diwakili oleh Sekjen mereka Eddy Soeparno, Golkar diwakili Ketua DPP Manahan Samuel Toruan.

Kemudian PKN diwakili Ketua Umum baru mereka yang baru terpilih Anas Urbaningrum. Ada pula Cheryl Tanzil yang mewakili PSI, dan Said Salahuddin yang mewakili Partai Buruh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PAN Bantu Menaikan Elektabilitas Prabowo Subianto

Golkar dan PAN Resmi Dukung Prabowo Jadi Capres 2024, Ini Alasannya
Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Deklarasi dukungan ini juga dihadiri Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sebelumnya, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, pihaknya akan terus berusaha membawa elektabilitas bakal calon presiden yang diusung partainya di Pemilu 2024, Prabowo Subianto berada di posisi puncak.

Hal ini menanggapi hasil survei Litbang kompas terkait elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres yang berada di posisi kedua, di bawah bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Kalau kita lihat, surveinya, Prabowo dan Ganjar akhir-akhir ini saling salip menyalip ya di antara mereka. Masih ada enam bulan menjelang Pilpres, banyak yang bisa kita lakukan," kata Eddy dalam kegiatan acara jumpa pers terkait pelaksaan Bimtek anggota DPR RI dan Perayaan HUT Ke-25 PAN, di Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu, (26/8/2023).

Selain itu, ia menjelaskan partainya bersama Prabowo akan kerahkan semua perjuangan. Tidak hanya dengan para kader PAN, tapi anggota DPR, kelompok artis, ulama, dan pengusaha PAN akan saling membantu.

"Kita akan lakukan itu sepenuh hati apa yang kita lakukan di dua Pemilu bersama Pak Prabowo. Kita all out perjuangkan," jelas Eddy.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya