Erick Thohir Diskusi Bersama Peraih Nobel Ekonomi untuk Sejahterakan Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen nyata untuk menyejahterakan negara dan bangsa Indonesia ke depan.

oleh Muhammad Ali diperbarui 06 Sep 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 15:11 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap saat-saat awal mula dia diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ikut masuk ke kabinet pemerintahan
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap saat-saat awal mula dia diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ikut masuk ke kabinet pemerintahan (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen nyata untuk menyejahterakan negara dan bangsa Indonesia ke depan. Bahkan Eks Presiden Inter Milan ini berdiskusi bersama Peraih Nobel Ekonomi tahun 2001 yang juga mantan Penasihat Presiden Amerika Serikat, Joseph Stiglitz untuk memajukan ekonomi Indonesia.

“Pagi ini saya bertemu Joseph Stiglitz yang pernah menjadi penasihat Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton. Ia juga peraih Nobel Ekonomi pada 2001,” kata Erick Thohir, dikutip Rabu (6/9/2023).

Pertemuan tersebut dilakukan Erick Thohir di sela-sela kesibukannya dalam menghadiri KTT ke-43 ASEAN. Hal ini merupakan bentuk komitmen Erick Thohir dalam menjalin relasi dengan berbagai pihak untuk kepentingan Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang dibahas oleh Erick Thohir dengan Stiglitz. Salah satunya membahas perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin pesat serta membicarakan potensi kerja sama.

Selain itu, Erick Thohir juga membahas perkembangan situasi internasional saat ini. Mulai dari tantangan ekonomi global saat ini setelah pandemi berakhir dan juga situasi geopolitik yang turut mempengaruhi perekonomian global.

Apalagi saat ini tengah terjadi perang antara Rusia dan Ukraina yang turut mempengaruhi iklim perekonomian internasional.

“Kami berdiskusi tentang ekonomi dunia yang kini penuh tantangan termasuk kebangkitan ekonomi pascapandemi dan geopolitik,” pungkas Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sukses Pimpin BUMN, Erick Thohir Dinilai Makin Potensial Jadi Cawapres 2024

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai pemimpin yang sukses dalam mengemban amanah yang diberikan. Ia berhasil mengemban amanah dari dua lembaga nasional sekaligus, baik itu di Kementrian BUMN dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul mengatakan keberhasilan tersebut membuat Erick Thohir semakin potensial menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Tentu ini menjadi bukti konkret, Ketum PSSI layak maju jika menjadi cawapres.

"Figur Erick Thohir ini dilihat oleh publik sebagai orang pemerintah yang berhasil merangkap jabatan, dan itu terbukti sukses," kata Adib, saat dihubungi Selasa, (05/09/2023).

Terbukti, Erick Thohir baru saja menggemparkan publik berkat program transformasi BUMN yang sudah menunjukkan hasil walau baru berjalan selama tiga tahun. Laba Kementerian BUMN melonjak dari tahun ke tahun, seperti di tahun Rp13, 3 triliun (2020), menjadi Rp303,7 triliun (2022).

Selain itu, eks Presiden Inter Milan ini juga melakukan perubahan di tubuh PSSI yang sangat dirasakan oleh publik terutama pecinta sepak bola. Ada banyak gebrakan yang dihadirkan oleh Erick Thohir mulai dari mendatangkan klub olahraga ternama untuk bertanding melawan timnas hingga membenahi kualitas wasit di Indonesia.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya