Prabowo Terima Usulan Gibran Jadi Cawapres, Bakal Segera Diskusi dengan Koalisi

Relawan Persaudaraan 98 mendeklarasikan dukungan terhadap Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan langsung oleh Koordinator Persaudaraan 98 Wahab Talaohu di Rumah kertanegara.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 11 Okt 2023, 18:32 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2023, 18:32 WIB
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan kelompok Relawan Persaudaraan 98 di kediamannya di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan kelompok Relawan Persaudaraan 98 di kediamannya di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023). (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Persaudaraan 98 mendeklarasikan dukungan terhadap Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan langsung oleh Koordinator Persaudaraan 98 Wahab Talaohu di Rumah kertanegara.

“Kami yakin, Prabowo the next presiden,” kata Wahab di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).

Selain mendeklarasikan dukungan, Wahab mengaku membawa aspirasi dari kelompoknya untuk Prabowo, yaitu agar Prabowo dapat berpasangan dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

“Sebagai usulan kami, hendaknya Pak Prabowo dapat berpasangan dengan Mas Gibran sebagai sosok muda yang mumpuni sebagai calon wakil presidennya. Jika putusan Mahakamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan,” jelas Wahab.

Mendengar usulan itu, Prabowo mengaku akan menerimanya dan akan mendiskusikan usulan itu dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Saya terima dukungan dan juga usul saudara tentang kehendak kalian untuk ada pemimpin muda,” tegas Prabowo.

Menurut Prabowo, usulan tersebut adalah hal yang wajar di negara demokrasi. Namun dalam proses pengambilan keputusan, semua harus dibicarakan bersama secara musyawarah dan mufakat.

“Kita ketahui proses kita ini demokrasi, demokrasi kita adalah melalui partai politik. Saya sekarang berada dalam Koalisi Indonesia Maju jadi semua usul karena keputusan harus diambil bersama, tradisi kita ingin adalah keputusan melalui musyawarah mufakat, Prabowo menandasi.


Relawan Persaudaraan 98 Geruduk Rumah Prabowo di Kertanegara

Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan kelompok Relawan Persaudaraan 98 di kediamannya di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan kelompok Relawan Persaudaraan 98 di kediamannya di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023). (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya, kelompok Relawan Persaudaraan 98 menyambangi kediaman bakal capres Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan liputan6.com, para relawan ini tiba di kertanegara sekitar pukul 16.00 WIB.

“Indonesia maju, Prabowo Presiden!,” seru koordinator di depan rumah Prabowo, Rabu (11/10/2023) sore.

Sambil menunggu Ketua Umum Partai Gerindra itu membukakan pintu gerbang rumahnya, mereka secara bergantian melakukan orasi dan yel-yel dukungan terhadap Prabowo.

“Kepalkan tangan kanan kalian teman-teman! Sumpah rakyat Indonesia, bertanah air satu tanah air tanpa penindasan,” ujar koordinator aksi.

Usai melakukan teriakan dukungan, secara tertib perwakilan Relawan Persaudaraan 98 masuk ke dalam kediaman Prabowo. Pertemuan berlangsung secara tertutup.

Menurut Tim Media Prabowo Subianto, usai pertemuan akan dilangsungkan jumpa pers bersama awak media.


Tidar Gerindra Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Tunas Indonesia Raya (Tidar) Gerindra
Tunas Indonesia Raya (Tidar) Gerindra merekomendasikan Politikus PDIP yang Juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres untuk Prabowo. (Foto: Nanda Perdana/Liputan6.com).

Sementara itu, Tunas Indonesia Raya (Tidar) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra mendeklarasikan dukungan kepada Politikus PDIP yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

“Kami Tidar melihat tokoh yang sangat cocok mendampingi Bapak Prabowo adalah tokoh muda yang mewakili kami dari suara mayoritas tersebut yaitu Mas Gibran Rakabuming yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta,” tutur Ketua Umum Tidar Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).

Rahayu menyebut, keputusan tersebut merupakan hasil dari rembuk nasional antara Pengurus Tidar Pusat dengan Daerah se-Indonesia.

Menurutnya, Gibran Rakabuming Raka merupakan representatif anak muda berprestasi yang layak masuk dalam kepemimpinan nasional demi mencapai Indonesia Emas 2045.

“Harus disadari bahwa pada Pemilu tahun 2024 ini anak muda memiliki kekuatan 56,45 persen suara pemilih dengan total pemilih dari kelompok generasi Milenial dan generasi Z berjumlah lebih dari 113 juta pemilih. Tidar yakin komitmen Pak Prabowo dalam memberikan ruang besar untuk anak-anak muda di Indonesia,” jelas dia.


Segera Serahkan Rekomendasi ke DPP Gerindra

Rahayu menyatakan, pihaknya akan segera memberikan rekomendasi tersebut ke DPP Partai Gerindra untuk menjadikan Gibran Rakabuming sebagai pasangan Prabowo Subianto.

Namun begitu, mereka tetap menunggu hasil keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia Capres-Cawapres pada 16 Oktober 2023 mendatang.

“Dan tentunya keputusan akhir Cawapres tetap kami serahkan kepada pak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju untuk menentukan,” Rahayu menandaskan.

Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya