5 Pernyataan Ketum Golkar Airlangga Hartarto Resmi Usung Gibran Jadi Bakal Cawapres Dampingi Prabowo

Partai Golkar akhirnya resmi mengusung putra sulung Presiden Jokowi yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendamping bakal capres Prabowo Subianto.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 21 Okt 2023, 15:08 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 15:08 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat mengumumkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bakal capres-cawapres Pemilu 2024 di Rapimnas II Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (YouTube Liputan6)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat mengumumkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bakal capres-cawapres Pemilu 2024 di Rapimnas II Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (YouTube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar akhirnya resmi mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Dia menjelaskan, usulan Gibran menjadi bakal cawapres tersebut didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi, dan kader Partai Golkar semalam, Jumat 20 Oktober 2023.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," tutur Airlangga yang dilanjutkan dengan pemukulan palu.

Airlangga juga memastikan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres disetujui oleh para Ketua DPD.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," ucap Airlangga.

Kemudian dia pun menginginkan Gibran sebagai bakal cawapres bisa merebut suara dari generasi milenial dan generasi Z. Sebab, menurut dia, generasi milenial dan gen Z yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 berjumlah 120 juta orang atau sekitar 53 persen dari total jumlah pemilih.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini berharap, Gibran bisa memanfaatkan dan merebut suara generasi milenial dan generasi z.

"Jumlah milenial dan gen z adalah 120 juta orang, 53 persen, sehingga kami berharap, Mas Gibran bisa memanfaatkan bonus demografi yang produktif ini," kata Airlangga.

Berikut sederet pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sampaikan dukungan resmi kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendamping bakal capres Prabowo Subianto dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sampaikan Dukungan Resmi saat Rapimnas Partai Golkar

Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang ke DPP Partai Golkar.
Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang hadir ke DPP Partai Golkar. (Ist)

Partai Golkar telah mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD semalam, Jumat 20 Oktober 2023.

 


2. Sebut Dukungan untuk Gibran Sudah Disetujui Semua DPD Golkar se-Indonesia

Airlangga
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (14/8/2021). (Ist)

Kemudian, dalam Rapimnas ini, Partai Golkar juga resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bacapres. Airlangga lalu meminta persetujuan kepada DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi dan kader Partai Golkar.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," tutur Airlangga yang dilanjutkan dengan pemukulan palu.

Menurut dia, keputusan mendukung Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo dibahas cukup lama bersama Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia. Airlangga juga memastikan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres disetujui oleh para Ketua DPD.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," ucap Airlangga.

 


3. Golkar Targetkan Rebut Suara Milenial dan Gen Z

Bahas Strategi Pemenangan Prabowo di Pilpres 2024
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Bakal capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto

Airlangga menginginkan Gibran sebagai bakal cawapres bisa merebut suara dari generasi milenial dan generasi Z.

Menurut Airlangga, generasi milenial dan gen Z yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 berjumlah 120 juta orang atau sekitar 53 persen dari total jumlah pemilih. Ia berharap, Gibran bisa memanfaatkan dan merebut suara generasi milenial dan generasi z.

"Jumlah milenial dan gen z adalah 120 juta orang, 53 persen, sehingga kami berharap, Mas Gibran bisa memanfaatkan bonus demografi yang produktif ini," kata Airlangga.

Airlangga menambahkan, Gibran merupakan representasi dari anak-anak muda di Indonesia. Karena itu, Golkar akhirnya memutuskan mendukung dan mengusulkan putra Presiden Jokowi itu sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto.

"Partai Golkar menilai bahwa representasi muda ini penting, dari pasangan capres-cawapres yang lain," ucap Airlangga.

 


4. Sebut Golkar Jadi Partai Paling Banyak Lahirkan Pemimpin Muda

Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menghadiri acara Golkar Bershalawat di Lapangan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Tim Media Golkar)

Dalam pidatonya, Airlangga juga mengatakan, Golkar merupakan partai yang paling banyak melahirkan pemimpin muda di bawah usia 40 tahun.

Menurut Airlangga, saa ini ada sekitar 20 kader Partai Golkar yang terpilih menjadi kepala daerah.

"Jumlah bupati, kepala daerah dari Partai Golkar yang usianya di bawah 40 (tahun) itu ada 20. Ini sudah kami lihat bahwa lebih banyak dari pada partai-partai yang lain," kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menyapa kadera Partai Golkar di bawah usia 40 tahun yang terpilih menjadi kepala daerah. Mereka adalah Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Airlangga juga menyapa sejumlah kader Golkar di bawah 40 tahun yang terpilih menjadi anggota DPR RI, di antaranya Dyah Roro Esti Widya Putri dan Puteri Anetta Komarudin.

"Walaupun Partai Golkar berusia 59 tahun tapi kaderisasi terus berjalan," ucap Airlangga.

 


5. Minta Prabowo Bahas dengan Ketum Parpol Koalisi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Lizha Egeham)

Partai Golkar resmi mengusulkan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Airlangga meminta Prabowo untuk membawa usulan ini dalam pertemuan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini disampaikan Airlangga dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas ini juga dihadiri oleh bakal calon presiden (bacapres) dari KIM Prabowo Subianto.

"Bismillah maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo dan ini untuk dibawa Pak Prabowo dalam pertemuan forum ketum partai," jelas Airlangga.

Infografis Ragam Tanggapan Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya