Penyelenggara Akui Acara Ridwan Kamil Ini Mirip Desak Anies

Terkait hal ini, inisiator Desak Anies, Ghifari Fachrezi membenarkan acara BARK memang mirip. Pasalnya, memiliki visi yang sama yaitu membawa kontestasi politik Indonesia, ke dalam level pertarungan gagasan.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 14 Sep 2024, 18:37 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 18:26 WIB
Inisiator Desak Anies, Ghifari Fachrezi.
Inisiator Desak Anies, Ghifari Fachrezi. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil menggelar acara talkshow bertajuk Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil (BARK) di Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2024).

Banyak di lini media sosial menyamakan acara tersebut mirip dengan calon presiden Anies Baswedan yang bertajuk Desak Anies.

Terkait hal ini, inisiator Desak Anies, Ghifari Fachrezi membenarkan acara BARK memang mirip. Pasalnya, memiliki visi yang sama yaitu membawa kontestasi politik Indonesia, ke dalam level pertarungan gagasan.

"Kemarin ada yang bilang konsepnya mirip Desak Anies, visualnya juga 'kelihatan' sama. Ya karena memang yang mengerjakan orangnya sama, saya dan tim. Lagian saya bingung, kenapa harus resisten ya? Justru inikan bagus untuk pendidikan politik masyarakat," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024).

"Malah kalau bisa setiap calon kepala daerah di seluruh wilayah bikin acara dengan konsep seperti ini. Bakal bagus banget itu," sambung Ghifari.

Dia pun menuturkan, bersama tim ingin budaya politik yang mendidik dapat kian masif di Indonesia. Agar nantinya, masyarakat dapat membuat keputusan politik berdasarkan pertimbangan yang rasional.

"Kami punya visi untuk menghadirkan dan membudayakan program politik yang mendidik dan berpaku pada substansi. Biar politik bisa jadi arena tarung gagasan. Apalagi dari perspektif anak-anak muda, kita kan ingin melihat, menilai, dan menguji setiap calon pemimpin yang ada. Agar setiap keputusan politik yang dihasilkan berbasis pada rasionalitas," ungkap Ghifari.

Dia pun menuturkan, program BARK akan dilakukan di beberapa titik lainnya di kota Jakarta.

"Jadi nanti kita bakal bikin lagi yang seperti ini di beberapa titik lainnya di Jakarta. Biar seluruh lapisan masyarakat, bisa hadir untuk mendengar dan menguji calon pemimpinnya secara langsung," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Sebut Timses Diumumkan Pekan Depan

Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengakui nama ketua tim sukses pemenangan pasangan dirinya bersama Suswono di Pilkada Jakarta 2024 adalah Riza Patria.

Diketahui, Riza adalah mantan wakil gubernur Jakarta di era kepemimpinan Anies Baswedan.

“Kalau namanya sudah Insyaallah Pak Riza Patria,” kata RK di Kantor DPW PKS Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2024).

RK pun menjanjikan, pengumuman secara resmi nama Riza Patria sebagai ketua tim sukses pemenangan RIDO akan dilangsungkan pekan depan.

Selain mengumumkan nama Riza Patria, RK menyebut juga akan mengumumkan nama-nama lain yang notabene anak-anak muda dalam strukut pemenangannya.

“Pengumuman (nama Riza Patria) digabungkan dengan timses yang 70% Insyaallah isinya anak muda jadi mungkin di awal minggu ini, sesuai dengan kesepakatan nanti kita umumkan ke media,” janji dia.

 


Anak Muda Punya Peran

RK tak menampik, hadirnya mayoritas anak muda di tim sukses pemenangan RIDO adalah upaya menarik suara pemilih gen z.

Sebab untuk waktu lima tahun mendatang, gen z akan menjadi penduduk mayoritas. Sehingga RK ingin gen z juga ikut berkontribusi membangun wajah RIDO di Pilkada Jakarta 2024.

“Ya kan Warga Jakarta dalam rentang sampai 2045 ini kan anak-anak muda, sehingga kami ingin mereka ikut mendesain bersama RIDO masa depannya dimulai dari wajah timses pasangan kami,” RK menandasi.   

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya