Dharma-Kun Sodorkan Program Pipi Monyet untuk Atasi Banjir Jakarta, Apa Itu?

Dharma-Kun memiliki sejumlah program unik terkait misi penanggulangan banjir di Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 17 Sep 2024, 10:35 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 10:35 WIB
Lewat Jalur Independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Jadi Kandidat Ketiga di Pilgub Jakarta 2024
Pasangan dari jalur independen di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun-Kun Wardana ini resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jakarta, Kamis (29/8/2024) malam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana mengusung program 'Jakartaku Aman' di Pilkada Jakarta 2024. 

Program 'Jakartaku Aman' milik Dharma-Kun itu dirangkum dalam visi dan misi dengan total empat halaman. Dharma-Kun punya visi 'Menjadikan Jakarta Sebagai Pusat Perekonomian Nasional yang Melalui Reformasi Jati Diri Demi Terwujudnya Rakyat yang Beradab, Harmoni, Mandiri, Makmur, dan Bahagia'. 

Sementara itu, Dharma-Kun mempunyai tujuh poin misi. Mulai dari mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan pada tatanan nasional, regional dan global, mewujudkan inovasi perbaikan desain tata ruang Jakarta sebagai kota global, hingga terkait penanggulangan banjir. 

Dharma-Kun memiliki sejumlah program unik terkait misi penanggulangan banjir di Jakarta. Adapun Dharma-Kun ingin memanajemen air hujan dan sungai dengan mengoptimalkan fungsi waduk, kanal, pompa serta taman dan hutan kota.Keduanya bakal mendesain tata kota sesuai kondisi dan sifat alam, relokasi dan rehabilitasi kawasan kumuh, Jakarta pipi monyet, Jakarta Dam, dan taman waduk darurat.

Sistem 'Pipi Monyet' pernah diterapkan di Bangkok, Thailand untuk mengatasi banjir. Pipi monyet merupakan sistem penampungan air hujan dengan wadah khusus yang mampu menampung air hujan berlebih hingga 30 juta kubik.

Lalu, misi unik Dharma-Kun lainnya ada pada poin tujuh. Dharma-Kun hendak mereformasi teknologi sehingga tepat guna dan hemat untuk mendukung strategi samudera biru dan bio ekonomi Jakarta.

Misi tersebut bakal diwujudkan melalui program pengembangan teknologi pengelolaan sampah, edukasi daur ulang hingga ke sekolah, energi botol matahari, dan Jakarta mandiri air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rincian 7 Poin Misi Dharma-Kun untuk Pilkada Jakarta 2024

Dharma-Kun
Bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta 2024 dari jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana usai tes kesehatan di RSUD Tarakan. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Berikut rincian tujuh poin misi Dharma-Kun untuk Pilkada Jakarta 2024:

1. Mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan padatatanan nasional, regional dan global yang aman dan beradab untukmelindungi keselamatan jiwa masyarakat.

2. Mewujudkan reformasi regulasi dan tata kelola Jakarta yang mengutamakan pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui pengobatan preventif yang aman dan beradab

3. Mewujudkan inovasi perbaikan desain tata ruang Jakarta sebagai kota global untuk mengatasi kemacetan melalui pengarusutamaan penelitian dan pengembangan

4. Mewujudkan akselerasi Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional yang teringerasi secara nasional, regional dan global dalam simpul pariwisata, ekonomi kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM serta pemberdayaan masyarakat.

5. Mewujudkan akselerasi ketahanan dan keberlanjutan lingkungan Jakarta sebagai pusat transit regional dan global yang tangguh untuk menanggulangi banjir dengan manajemen air hujan dan sungai yang mengoptimalkan waduk, kanal, pompa serta taman dan hutan kota

6. Mewujudkan penguatan konektivitas informasi melalui transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan sumber daya manusia yang fokus pada adab, kesetaraan sosial, profesional yang terampil, praktis dan kreatif

7. Mewujudkan reformasi teknologi yang tepat guna dan hemat untuk mendukung strategi samudera biru dan bio ekonomi Jakarta sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia.


Calon Independen Dharma-Kun Akui Tak Kesulitan Sempurnakan Visi Misi Sesuai RPJPD Jakarta

Lewat Jalur Independen, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Jadi Kandidat Ketiga di Pilgub Jakarta 2024
Penting diketahui Dharma Pongkrekun dan Kun Wardana adalah satu-satunya bakal pasangan calon yang maju dari jalur independen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana mengaku tak kesulitan menyusun visi misi yang menjadi syarat administrasi pencalonan yang harus diserahkan ke KPU DKI Jakarta.

Kun Wardana menyatakan, pihaknya akan menyempurnakan visi misi sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Jakarta 2025-2045 sebagaimana diatur Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024.

"Sementara ini belum ada kesulitan dalam hal memyempurnakan visi misi yang harus menyesuaikan dengan RPJPD Jakarta," kata Kun saat dikonfirmasi, dikutip Jumat (6/9/2024).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta meminta bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk memperbaiki visi dan misi yang diserahkan kepada KPU DKI untuk maju dalam Pilkada serentak 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, visi dan misi yang disusun pasangan calon harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Jakarta 2025-2045. Agar, kata Dody selaras dengan pembangunan Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ke depan.

"Kami berharap itu (RPJPD) dirujuk agar tentu pembangunan Jakarta ke depan digagas oleh gubernur dan wakil gubernur itu bisa selaras dengan pembangunan jangka panjang daerah," kata Dody ditemui di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat, Kamis (5/9/2024).

Adapun visi misi pasangan calon sesuai RPJPD ini juga diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Tepatnya ada di Bab III, pasal 13 PKPU tersebut.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya