Tips Bersihkan Kamar Mandi dalam 10 Menit

Membersihkan kamar mandi, kerap kali memerlukan waktu lama.

oleh Anto Erawan diperbarui 22 Feb 2016, 22:15 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2016, 22:15 WIB
RumahCom-Tips Bersihkan Kamar Mandi dalam 10 Menit
Membersihkan kamar mandi, kerap kali memerlukan waktu yang lama...

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan kamar mandi, kerap kali memerlukan waktu yang lama. Akan tetapi hal ini tak dapat Anda lakukan setiap saat, lantaran waktu yang terbatas.

Dinukil dari Rumah.com, Senin (22/2/2016) jika ingin membersihkan kamar mandi dalam waktu singkat, Anda dapat menggunakan tips berikut yang membuat Anda mampu membersihkan kamar mandi dalam waktu 1, 5, atau 10 menit.

1 Menit: Bersihkan Titik Utama di Kamar Mandi

Becky Rapinchuk, blogger dari website Clean Mama dan juga penulis buku The Organically Clean Home menyebutkan, dalam membersikan kamar mandi, Anda dapat memulai dengan membersihkan wastafel sebagai spot pertama yang terlihat saat masuk kamar mandi.

Perhatikan, apakah ada noda air atau odol yang tersisa di wastafel. Jika Anda memiliki waktu luang, buatlah semprotan pembersih bebas kimia menggunakan cuka, alkohol (untuk mematikan bakteri), essential oil lavender, lemon, dan air. Semprotkan dan diamkan selama 10 menit, kemudian lap hingga kering.

5 Menit: Bersihkan Tempat Kotoran Tersembunyi

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh jasa pembersih Handy di 2015, sebanyak 37 persen responden menyatakan tirai kamar mandi adalah lokasi yang paling sering dibersihkan saat berkunjung ke rumah konsumen. Lantaran, tirai kamar mandi merupakan tempat tempat berkembangbiaknya bakteri dan jamur.

Carolyn Chiders dari Handy memberi saran, Anda bisa menghilangkan noda tirai berbahan kain, plastik, atau vinyl dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci bersama beberapa handuk untuk mencegah tirai tersebut menjadi kusut. Cuci menggunakan air hangat, pemutih dan deterjen kemudian gantung tirai hingga kering.

10 Menit: Bagian Toilet yang Kadang Terlupakan

Jika Anda setiap minggu menggosok bagian tempat duduk toilet, namun toilet masih mengeluarkan bau tidak sedap, perhatikan bagian lain yang mungkin terlupakan, seperti bagian engsel tutup toilet.

Buka bagian engsel  dan semprotkan dengan cairan disinfektan. Jika bernoda, Anda bisa taburi sedikit baking soda dan diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Sumber bau lain bisa juga berasal dari bagian luar dan belakang toilet. Semprot disinfektan di kedua bagian tersebut, kemudian lap dengan kain bahan microfiber.

(Mita Agustina/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya