Ngeri, 5 Desain Tangga Paling Ekstrem di Dunia!

Bukan hanya karena faktor keamanan yang kurang, tetapi juga memiliki kemiringan, ukuran yang super panjang dan melelahkan.

oleh boyleonard diperbarui 03 Mei 2017, 18:54 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2017, 18:54 WIB
20170503-desain tangga ekstrem di dunia-rumahcom-boy
Bukan hanya karena faktor keamanan yang kurang, tetapi juga memiliki kemiringan, ukuran yang super panjang dan melelahkan.

Liputan6.com, Jakarta Tangga salah satu komponen dalam konstruksi bangunan. Umumnya tangga yang digunakan untuk menghubungkan dua area yang berbeda ketinggian dibuat seaman mungkin, dilengkapi dengan handrail dan dibangun dengan standar tertentu.

Meski demikian, struktur bangunan berbentuk tangga juga sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, di mana sebagian di antaranya terlihat sangat ekstrem. Bukan hanya karena faktor keamanan yang kurang, jika menurut standar saat ini, tetapi juga memiliki kemiringan, ukuran yang super panjang dan melelahkan.

Pulau Gaztelugatxe, Spanyol

Tangga ini terletak di pulau terpencil di Spanyol, Gaztelugatxe. Tangga ini sesungguhnya merupakan bagian dari sebuah benteng, dan jalan menuju gereja. Konon tangga ini sudah ada sejak abad ke-14.

Jalurnya yang berkelok, sempit, dan tanpa dilengkapi handrail/pengaman membuat tangga ini sangat ekstrem. Apalagi letaknya berada di tebing pantai. Namun Anda akan disuguhi keindahan alam yang magis.

Panjang, curam, dan berliku. Butuh kesiapan mental sebelum mencoba menapaki tangga dari ujung ke ujung.

Montagne de Bueren, Belgia

Tangga yang satu ini tak kalah ekstrem. Bayangkan tangga ini memiliki ketinggian lebih dari 150 meter! Tangga ini memiliki total 373 anak tangga.

Lokasinya berada di sisi Montagne de Bueren (Mountain of Bueren). Konon tangga ini sudh dibangun sejak periode 1400-an. Di puncak bukit Bueren pada masanya terdapat sebuah kerajaan, katedral, dan pemandangan.

Dengan tinggi 150 meter, butuh tenaga besar untuk menapaki tangga ini.

Chand Baori, India

Tangga ekrstrem ini terletak di Kota Jaipur, India. Tangga ini sudah ada sejak tahun 800 Masehi. Tangga ini berada di lokasi pengambilan air atau sumur bernama Chnd Baori. Tangga ini memiliki total sekitar 3.500 anak tangga yang menghubungkan 13 lantai.

Ribuan anak tangga berukuran sempit dan tanpa pengaman ini dibuat dengan desain simetris di sisi dinding sumur. Kebayang kan bagaimana proses pengambilan air sumur di zaman itu. Salah langkah sedikit bisa langsung jatuh ke dalam. Ngeri!

Selain berfungsi sebagai akses untuk ke tempat yang lebih tinggi, keberadaan tangga ini menambah eksotika bangunan yang usianya sudah ratusan tahun.

(Simak juga: Seperti Ini Rasanya Tinggal di Dalam Tangki Air Raksasa)

Tangga Haiku, Hawaii

Tangga ini merupakan satu-satunya jalan menuju puncak Gunung Ko’olau. Pada tahun 1942 Angkatan Laut AS membangun sebuah stasiun radio di puncak Gunung Ko’olau. Pembangunan stasiun radio ini untuk menangkap sinyal radio agar komunikasi lancar.

Tangga ini ini memiliki 3922 anak tangga dan menjadi satu-satunya akses mendaki ke menara radio di puncak gunung. Pertama kali tangga ini dibangun dengan material kayu, kemudian diperbarui dengan material besi. Ekstremnya tangga ini sangat sempit dan seperti berada di sisi atas gunung dengan jurng di bagian kanan dan kiri.

Melihat puncaknya yang tertutup kabut, bisa dibayangkan tingginya tangga ini. Total, ada hampir 4000 anak tangga. Kuat?

Swiss

Sebuah gedung kongres di Biel-Bienne, Swiss, ini memiliki tangga yang terletak di sisi luar dinding. Tangga tersebut terbuat dari pelat baja dan tanpa pengaman apapun. Dijamin bikin lutut lemas kalau berani melewatinya. Tapi tenang, ternyata tangga ini hanya berupa karya seni, kok.

Tangga ini tidak memiliki fungsi sungguhan, melainkan hanya sebuah pahatan yang seolah menghubungkan dua pintu di gedung tersebut. Padahal kedua pintu yang terlihat juga palsu, kok.

Tangga ini merupakan karya seni seri kedua dari Beautiful Steps Series karya Sabinna Lang dan Daniel Baumann. Keren!

Ngeri? Sudah pasti. Untung saja, tangga ini cuma sebuah karya seni instalasi, bukan untuk ditapaki.

Tangga, selain berfungsi sebagai akses dalam sebuah bangunan, juga berfungsi sebagai dekorasi. Desain tangga yang tepat bisa menambah keindahan rumah. Tertarik memiliki rumah baru dua lantai dengan harga Rp1 miliaran? Lihat pilihannya di sini!

Foto: Photopic.ru, pinterest, malatintamagazine, langbaumann.com, kenjisaito.com

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya