Karnaval KAA dan Unity Run Mengisi Akhir Pekan di Bandung

Karnaval yang akan dimeriahkan oleh 2.867 peserta itu akan dimulai pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 28 Apr 2018, 10:03 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2018, 10:03 WIB
Kemeriahan Parade Historical Walk pada Puncak KAA di Bandung
Pasukan marching band berjalan bersama saat melakukan "Historical Walk" dalam peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia Afrika di jalan Asia Afrika, Bandung, Jumat, (24/4/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Bandung - Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Terutama bagi yang sudah seringkali berkunjung ke Kota Bandung. Ada beberapa kegiatan yang dipastikan akan berkesan.

Pertama, puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan digelar di Jalan Asia Afrika dan sekitarnya. Gelaran ini akan dibuka dengan Asia Africa Carnival di sepanjang Jalan Asia Afrika pada Sabtu, 28 April 2018.

Karnaval yang akan dimeriahkan oleh 2.867 peserta itu dimulai pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan acara Car Free Night. Menghadapi acara gebyar itu, Jalan Asia Afrika sejak pukul 06.00-23.00 WIB akan ditutup.

Tercatat, ada 15 daerah yang berpartisipasi dalam karnaval, seperti Aceh, Jambi, Lamandau, Manado, Nias, Subang, Ciamis, Majalengka, hingga Banjarmasin. Sebanyak 15 negara dari Asia dan Afrika juga akan memeriahkan ajang tahunan itu.

Kali ini, karnaval akan melalui rute yang cukup pendek, hanya 1,2 kilometer. Iring-iringan peserta akan berjalan melalui Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Barat, Jalan Naripan, Jalan Tamblong, dan kembali ke Jalan Asia Afrika.

Tak hanya itu, kemeriahan akan dilanjutkan keesokan harinya dengan ajang Unity Run. Ajang lomba lari dengan panjang lintasan 6,3 kilometer itu akan dimulai pada pukul 05.00 WIB. Oleh karena itu, sejak pukul 04.00 WIB Jalan Asia Afrika juga akan ditutup hingga pukul 12.00 WIB.

Saat ini, sebanyak 2.500 peserta telah dipastikan berpartisipasi pada ajang tersebut. Para peserta berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, telah ada perwakilan peserta dari 11 negara, yaitu Singapura, Vietnam, India, Somalia, Tanzania, Malaysia, Uganda, Benin, bahkan hingga Australia, Amerika Serikat, dan Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Naik Kendaraan Umum

Puluhan siswa SD 249 Astana Anyar mengikuti upacara peringatan KAA ke-63 di halaman Aula RW 05 Lio Genteng, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung.
Puluhan siswa SD 249 Astana Anyar mengikuti upacara peringatan KAA ke-63 di halaman Aula RW 05 Lio Genteng, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana mengatakan, acara ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Bandung menggelorakan semangat KAA. Semangat persatuan, kemerdekaan, dan perdamaian yang ingin terus digelorakan ke seluruh penjuru dunia akan terpancar dari perayaan ini.

"Event ini menguatkan posisi Kota Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika. Bandung adalah kota dunia yang menyimpan sejarah yang amat penting. Karena konferensi itu, puluhan negara-negara di Asia dan Afrika terinspirasi untuk memperjuangkan kemerdekaan mereka," kata Yayan dalam keterangan tertulisnya.

Mengingat kemeriahan acara tersebut, Yayan mengimbau warga Bandung maupun para wisatawan untuk senantiasa menjaga ketertiban dan kebersihan Kota Bandung.

"Hati-hati, jangan buang sampah sembarangan, itu yang terpenting. Kita berharap semua warga Bandung juga wisatawan bisa semakin dewasa dalam berperilaku," jelasnya.

Ia juga mengajak siapa pun yang akan datang menyaksikan karnaval untuk menggunakan kendaraan umum agar arus lalu lintas tidak terlalu tersendat. Menurutnya, pusat kota akan lebih padat dari biasanya.

"Kalau bisa datangnya pakai kendaraan umum, kan seru ramai-ramai dengan keluarga atau teman. Kalau tiap orang pakai kendaraan pribadi kemungkinan besar lalu lintas akan lebih padat dari biasanya," ungkapnya.

Selain itu, panitia telah menyiapkan kantung-kantung parkir di beberapa titik, seperti di Jalan ABC, Jalan Banceuy, Basemen Alun-alun Bandung, dan Jalan Belakang Factory. Dari lokasi tersebut, para pengunjung bisa berjalan kaki menikmati kemeriahan puncak Asia Africa Week 2018.

Simak video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya