5 Suku di Papua Punah, Apa Dampaknya?

Kelima suku yang punah di Papua adalah Suku Yaper, Suku Bagi, Suku Tu, Suku Totar, dan Suku Tagusom.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Agu 2018, 03:01 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2018, 03:01 WIB
Wisata Pegunungan Arfak Papua Barat
Perlunya perbaikan infrastruktur di wisata Pegunungan Arfak. (Liputan6.com/Rahmi H)

Liputan6.com, Keerom - Dewan Adat Skamto, Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, menyebutkan lima suku di kabupaten tersebut punah. Ketua Dewat Adat Skamto, Didimus Warare mengemukakan lima suku yang sudah punah di Keerom, yakni Suku Yaper, Suku Bagi, Suku Tu, Suku Totar, dan Suku Tagusom.

Kepunahan kelima suku itu, sambung dia, berdampak pada kepemilikan warisan. Warisan yang dimiliki Suku Yaper, Suku Bagi, Suku Tu, Suku Totar, dan Suku Tagusom, terpaksa dikembalikan ke satu ikatan Kampung Kimbramoro.

"Keluarga Kimbramoro di Kampung Kimbramoro yang ambil marga itu lalu dia lihat siapa yang dekat dengan suku itu pakai marga ini," katanya di Keerom, Selasa, 28 Agustus 2018, dilansir Antara.

Dia mengatakan, banyak marga di Keerom juga terancam punah. Maka itu, warisan marganya terpaksa diberikan kepada suku yang ada hubungan dekat yang memakai marganya.

"Misalnya di Skamto, Suku Tagusom sudah punah, terpaksa Suku Orare di Waris menerima Tagusom/memakai marga tersebut, karena hubungan dekat dengan Tagusom," ujarnya.

Selain suku, kata dia, bahasa asli Keerom juga terancam punah karena pengaruh lingkungan. "Kami selaku orangtua selalu tekankan kepada keluarga agar selalu mengajarkan anaknya dengan bahasa daerah," kata dia.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya