Ungkapan Gubernur Edy Usai Menjadi Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Sumut

Vaksinasi virus corona Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai dilaksanakan pada hari ini, Kamis (14/1/2021). Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

oleh Reza Efendi diperbarui 14 Jan 2021, 14:10 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2021, 14:10 WIB
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjadi orang pertama di Sumut yang disuntik vaksin Covid-19, Kamis (14/1/2021)

Liputan6.com, Medan Vaksinasi virus corona Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai dilaksanakan pada hari ini, Kamis (14/1/2021). Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan. Usai divaksin, Gubernur Edy Rahmayadi merasa dirinya lebih sehat.

"Rasa-rasanya, semakin sehat, semakin segar," kata orang nomor satu di Provinsi Sumut itu.

Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Gubernur Edy berharap masyarakat tidak perlu takut, karena pemerintah sudah menjamin keamanannya. Vaksin yang disuntikkan kepada dirinya sama dengan yang akan disuntikkan kepada masyarakat.

"Sama (vaksin) Sinovac. Jangan gentar, BPOM menyatakan aman, MUI menyatakan halal. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita," sebutnya.

Diterangkan Edy, vaksinasi Covid-19 yang dilakukan tahap pertama di Sumut dimulai dari Gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Kemudian tenaga kesehatan di Medan, Binjai, dan Deli Serdang.

"Kenapa di tiga tempat itu? Karena jumlah yang terpapar di sana besar, sehingga kita lakukan vaksinasi di tempat tersebut, terkhusus tenaga kesehatan dan pelayanan masyarakat," terangnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:


Didahului Pemeriksaan Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 di Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memberikan keterangan terkait vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021)

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi menjadi orang pertama yang disuntik. Edy tampak mengenakan baju putih dan celana hitam.

Selain Gubernur Sumut, vaksinasi yang dilaksanakan di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut juga diikuti Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Pimpinan Kejati Sumut, Pimpinan DPRD Sumut, dan Forkopimda lainnya.

Sebelum disuntik vaksin Covid-19, Gubernur Edy terlebih dahulu memeriksakan suhu tubuh dan pengecekan kesehatan lainnya. Kemudian vaksin Covid-19 disuntikkan ke Gubernur Edy. Selanjutnya vaksin disuntik ke Kapolda Sumut, disusul penjabat lainnya.


Persiapan Dinas Kesehatan Sumut

Vaksinasi Covid-19 di Sumut
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, disuntik vaksin Covid-19, Kamis (14/1/2021)

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, termasuk penanganan jika terjadi KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

"Semua persiapan sudah. Kita sudah siapkan tempat, peralatan, SDM, dan mengantisipasi kemungkinan kalau terjadi hal-hal KIPI," Alwi menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya