Hindari PHK, Objek Wisata Situs Gua Sunyaragi Cirebon Kembali Dibuka

Pengelolaan wisata situs Gua Sunyaragi selama ini hanya mengandalkan kontribusi anggaran yang masuk dari pengunjung yang datang.

oleh Panji Prayitno diperbarui 25 Agu 2021, 06:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2021, 06:00 WIB
Hindari PHK, Objek Wisata Situs Gua Sunyaragi Cirebon Kembali Dibuka
Wisata Situs Gua Sunyaragi Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Walau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang pemerintah, Badan Pengelola Taman Air Gua Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon memilih untuk kembali beroperasi.

Kabag Humas Situs Wisata Gua Sunyaragi Eko Ardi mengatakan, pembukaan kembali wisata situs Gua Sunyaragi sudah melalui hasil kesepakatan manajemen. Dia menyebutkan, Gua Sunyaragi sudah tutup selama 2 bulan mengikuti aturan pemerintah.

"Alasannya pertama untuk mengaktifkan karyawan yang selama 2 bulan dirumahkan, kedua kembali merawat situs gua dan bangunan yang nyaris terbengkalai dan ketiga agar ada pemasukan untuk pemeliharaan," ujar Eko Ardi, Selasa (24/8/2021).

Eko mengaku, pihaknya menyayangkan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon yang terkesan lepas tangan dengan nasib pengelola objek wisata saat penutupan akibat PPKM Level 4.

Selama ini, pengelolaan wisata situs Gua Sunyaragi Cirebon mengandalkan kontribusi anggaran yang masuk dari pengunjung. Sementara kontribusi dari pemerintah daerah dianggap belum ada.

"Terlebih saat ditutup untuk PPKM kami harus menanggung pemeliharaan sampai gaji karyawan," ucap Eko Ardi.

Eko Ardi berharap pemerintah daerah dapat memaklumi dengan keputusan manajemen. Dia memastikan, Gua Sunyaragi akan menerapkan prokes bagi para pengunjung.

Bahkan, pengunjung yang berkunjung harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 sebelum berwisata di Situs Gua Sunyaragi Cirebon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini


Hindari PHK

Hindari PHK, Objek Wisata Situs Gua Sunyaragi Cirebon Kembali Dibuka
Pengelola Wisata Gua Sunyaragi Cirebon mencatat jumlah pengunjung menurun sejak Pandemi Covid-19 menyebar di wilayah Indonesia. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Kepala Bidang Pemandu BP TAGS, Jajat Sudrajat mengungkapkan, sudah tidak tahan lagi dengan pelaksanaan PPKM. Pembukaan kembali wisata Goa Sunyaragi untuk menghindari adanya PHK terhadap karyawan.

"Kami bukan melawan pemerintah daerah. Tapi kami pengin hidup dan makan. Kami menghindari adanya putusan hubungan kerja," ungkapnya.

Jajat menegaskan, dengan membuka destinasi wisata Sunyaragi, bukan berarti pihaknya melakukan perlawanan terhadap pemerintah daerah. Menurut dia, hal itu dilakukan sepenuhnya untuk menopang kebutuhan hidup.

"Mohon kebijakan pemerintah daerah agar destinasi wisata (Kota Cirebon) dibuka apa pun pengumumannya dari pusat," Jajat memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya