Video Unik Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas ala Polres Tasikmalaya

Pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, dinilai cukup efektif menarik perhatian massa.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 20 Nov 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2021, 08:00 WIB
Pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, dinilai cukup efektif menarik massa.
Pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, dinilai cukup efektif menarik massa. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Tasikmalaya - Satuan lalu lintas Kepolisian Resort (Polres) Tasikmalaya, Jawa Barat memiliki cara unik menyosialisasikan kepatuhan berlalu lintas masyarakat via video di Youtube, selama operasi Zebra Lodaya 2021 berlangsung.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono mengatakan, pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas saat operasi zebra lodaya, dinilai cukup efektif menarik perhatian massa.

"Lebih mudah diterima masyarakat, lebih familiar tentang program dan kehadiran kepolisian," ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Kehadiran konten video lucu, ringan, dan menghibur itu, ujar dia, mampu menyampaikan pesan tertib berlalu lintas lebih tepat, termasuk penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi covid-19.

"Kalau ada yang idenya bisa disampaikan nanti dikonsultasikan ke polisi, kami siap bantu upload," ujar dia mengajak warga.

Dalam beberapa video lucu mengenai tertib lalu lintas yang diunggah melalui kanal Youtube tersebut, respon pengunjung terbilang tinggi.

Video pertama mengenai pemotor yang nekat menggunakan dandanan ala pocong dengan tujuan membuat konten, yang harus dihentikan petugas kepolisian karena melanggar aturan berlalu lintas dengan tidak menggunakan helm.

Kemudian video kedua, mengenai dua orang pemotor yang rela melukis wajahnya menggunakan pewarna untuk mengelabui petugas kepolisian, agar tidak ditilang demi menghindari penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, mendapatkan respon positif dari pengunjung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:


Respon Warganet

Pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, dinilai cukup efektif menarik massa.
Pembuatan video lucu dan ringan yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang tertib berlalu lintas, dinilai cukup efektif menarik massa. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sejak pertama kali diunggah saat pelaksanaan operasi Zebra Lodaya, kedua video lucu itu langsung mendapatkan kunjungan hingga puluhan ribu warganet. Ragam pernyataan positif muncul mengomentari kedua video lucu mengenai tertib lalu lintas tersebut.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Ryan Faisal menambahkan, untuk menarik minat pengunjung, pembuatan konten video lucu itu sengaja menghadirkan tokoh "Pak Babin" yang ramah dalam penegakan aturan tertib berlalu lintas.

"Kita buat konten menarik itu untuk menghibur masyarakat serta mengedukasi bahwa tertib berlalu lintas itu sangat diperlukan," kata dia.

Untuk lebih menarik pengunjung, Polres Tasik bakal menghadirkan hingga beberapa konten video lucu via Youtube, sebagai ikhtiar menyosialisasikan tertib berlalu lintas sekaligus penerapan protokol kesehatan.

"Total ada enam konten yang akan ditayangkan selama operasi zebra Lodaya 2021 ini sampai 28 November," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya