Mengenal Channa Barca, Jenis Ikan Tawar Termahal di Dunia

Ikan channa ini memiliki keunikan tersendiri mulai dari karakter maupun corak yang ada pada tubuh ikan predator yang satu ini

oleh Panji Prayitno diperbarui 20 Sep 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2022, 23:00 WIB
Mengenal Channa Barca, Jenis Ikan Tawar Termahal di Dunia
Ikan Channa Barca salah satu jenis ikan air tawar saat ini nilainya termahal di dunia. (istimewa/ikanchanna.com)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa kurun waktu terakhir para pecinta ikan kini tengah menggemari jenis channa karena dinilai memiliki corak artistik tersendiri. Ikan tersebut sedang banyak diburu dan tidak jarang beberapa jenis dari channa memiliki harga yang fantastis.

Dari beberapa sumber, ikan channa ini memiliki keunikan tersendiri mulai dari karakter maupun corak yang ada pada tubuh ikan predator ini.

Bahkan, terdapat satu jenis ikan channa yang memiliki harga mencapai puluhan juta yakni channa barca. Lantas mengapa harga ikan channa barca ini menjadi selangit, berikut akan kami sampaikan informasi mengenai ikan yang satu ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, ikan jenis channa barca ini diketahui berasal dari negara India. Ikan ini mahal karena diketahui setiap akhir Mei, India dilanda hujan deras dan berkelanjutan.

Banyaknya lahan kering yang tertutup genangan air di Taman Nasional Orang di daerah Assam membuat beberapa orang merasa itulah saat yang tepat buat mencari rezeki.

Para pencari ikan di India kemudian menargetkan ikan Channa Barca meski mereka harus mengambil risiko untuk masuk ke Cagar Alam yang dijaga oleh polisi hutan.

Akibat risiko besar tertangkap oleh polisi hutan, membuat harga ikan yang satu ini menjadi tinggi karena jika seseorang bisa mendapatkan channa barca maka akan bisa meraup uang mulai 1.000 sampai 35.000 rupee.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asal Usul Channa Barca

Ikan jenis ini pertama kali ditemukan oleh warga negara Inggris bernama Francis Hamilton yang tinggal di India sekitar tahun 1822. Meski sudah dijual di pasaran, Francis Hamilton menemukan Channa Barca di sungai Brahmaputra yang berlokasi di daerah Golpara, negara bagian Assam.

Diketahui dulunya ikan ini bisa ditemukan di beberapa area Sungai Brahmaputra bahkan ada yang ditemui di Bhutan.

Karena memiliki corak yang unik pada tubuh ikan yang satu ini, kini membuat ikan channa barca sangat digemari dan banyak diburu oleh masyarakat India meskipun harus berhadap dengan resiko bilamana tertangkap basah polisi hutan India.

Pasalnya, hampir setiap tahun, sejumlah masyarakat nekat masuk ke dalam hutan nasional untuk berburu ikan channa barca. Hal itu dilakukan karena upah minimum di India hanya 178 rupee atau setara Rp35.000.

Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat nekat bisa mendapatkan ikan channa barca. Karena bilamana bisa mendapatkan ikan yang satu ini pastinya akan mendapatkan uang yang lebih besar.

Channa Barka menjadi salah satu Channa yang paling tua karena ditemukan tepat 200 tahun lalu, berbeda dengan Channa Andrao yang baru ditemukan di tahun 2013.

Jadi mahalnya ikan yang satu ini karena ikan channa masuk dalam kategori ikan yang dilindungi dan untuk bisa mendapatkannya membutuhkan pengorbanan yang besar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya