Daftar 9 Panggung Pesta Rakyat Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo

Berikut daftar 9 panggung untuk pesta rakyat pernikahan Kaesang Erina

oleh Tifani diperbarui 10 Des 2022, 16:28 WIB
Diterbitkan 10 Des 2022, 16:14 WIB
Erick Thohir meninjau lokasi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran.
Erick Thohir meninjau lokasi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (8/12/2022). (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Pesta rakyat pernikahan Kaesang dan Erina Gudono akan digelar di Solo pada Minggu (11/12). Panitia menyiapkan sembilan panggung hiburan untuk pesta rakyat pernikahan Kaesang Pangarep.

Berikut daftar 9 panggung untuk pesta rakyat pernikahan Kaesang Erina

1. Panggung depan rumah dinas Wali Kota Loji Gandrung, dimeriahkan oleh grup karawitan muda dari Guyub Rukun.

2. Panggung kedua berada di Stadion R. Maladi dengan penampil dari Keroncong Sabung.

3. Panggung ketiga di Stadion Sriwedari, pengisinya adalah Andre & Friends (ANF) Band Solo yang akan membawakan genre Jawa semi modern.

4. Depan museum batik Danar Hadi, diisi grup orkes kampung Latar Jembar.

5. Di depan halte Timuran. Dimeriahkan oleh pengamen Java El Mariachi.

6. Di depan bank CIMB Niaga. Pengisinya adalah Romance 7.

7. Di dekat KFC Ngarsopuro. Pengisinya adalah komunitas keroncong Surakarta.

8. Di depan Pasar Triwindu. Pengisinya adalah karawitan dari Sanggar Gedong Kuning.

9. Di kawasan Pamedan, Pura Mangkunegaran untuk band pengisinya adalah De Java Keroncong.

Selain hiburan di 9 titik, masyarakat yang hadir di area Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi bakal dimanjakan dengan suguhan makanan gratis. Tak hanya makanan gratis, keluarga Presiden Jokowi juga menyiapkan banyak kejutan untuk warga yang ikut menyaksikan kirab Kaesang-Erina. Kaesang Pangarep juga akan bagi-bagi makanan gratis.

Pembagian makanan gratis produk dari perusahaan starup milik Kaesang Pangarep dilakukan di dua lokasi, yaitu di depan Stadion Sriwedari dan di kawasan Ngarsopuro atau depan Mangkunegaran.

Dalam acara ngunduh mantu Jokowi di Solo, sebelum pesta di Pura Mangkunegaran, akan dilaksanakan upacara adat di Rumah Dinas Wali Kota Solo atau Loji Gandrung. Adapun adat yang dimaksud adalah sungkeman, pasrah tinampi dan beberapa rangkaian acara lainnya.

Setelah itu, kedua mempelai akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran menggunakan kereta kencana. Kirab pengantin Kaesang-Erina yang dimulai pukul 07.30 WIB dari Loji Gandrung, memang akan melintasi area CFD.

Pada saat kirab berlangsung, seluruh masyarakat bisa melihat langsung Kaesang dan Erina yang nantinya sudah resmi menjadi pasangan suami istri, dan nantinya akan ada prosesi udik-udik pada acara kirab itu. Udik-udik merupakan tradisi menebarkan atau melemparkan uang logam yang bertujuan untuk membagikan kepada tamu yang hadir dalam hajatan di masyarakat Jawa.

Udik-udik bakal dimulai di panggung yang akan dibangun di halaman depan Loji Gandrung yang berbentuk huruf L. Meski hanya keluarga inti saja yang boleh hadir di Loji Gandrung, tapi sebanyak kurang lebih 300 maayarakat dapat ikut menyaksikan prosesi di lokasi itu dan ikut prosesi udik-udik. Dalam tradisi Jawa udik-udik dilakukan oleh anak terakhir dalam sebuah keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya