Mengintip Kesiapan Pasokan Bahan Pangan dan BBM Jelang Libur Nataru 2023 di Balikpapan

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023 biasanya sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan, untuk mengantisipasi itu Satgas Pangan Polda Kaltim melakukan sidak ke sejumlah pasar di Balikpapan.

oleh Apriyanto diperbarui 23 Des 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 20:00 WIB
Sidak Pasar
Kasubdit Industri dan Perdagangan (Indagsi) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim, AKBP Ronni Bonic memimpin sidak di Pasar Sepinggan dan Pasar Pandansari.

Liputan6.com, Balikpapan - Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan di dua pasar yang berlokasi di Kota Balikpapan pada Rabu (21/12/2022). Sidak yang dilakukan oleh Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kaltim ini digelar di Pasar Sepinggan, Balikpapan Selatan dan Pasar Pandansari, Balikpapan Barat.

Pelaksanaan sidak ini merupakan kegiatan rutin satgas pangan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Apalagi menjelang hari raya keagamaan ini banyak harga kebutuhan bahan pokok mengalami peningkatan. Untuk itu, perlunya dilakukan sidak agar dapat mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok.

"Kami ingin memastikan pasokan sembako serta bahan kebutuhan lainnya aman dan mencukupi selama perayaan Nataru," terang Kasubdit Industri dan Perdagangan (Indagsi) Dikrimsus Polda Kaltim, AKBP Ronni Bonic.

Dari hasil sidak yang dilakukan, Ronni menyebut stok bahan pokok untuk Kota Balikpapan masih mencukupi. Tak hanya jelang libur Nataru, stok bahan pokok diklaim masih cukup untuk dua bulan ke depan.

"Untuk harga memang ada perbedaan di level pengecer dan distributor. Hanya saja selisih harga ini masih dalam tahap wajar," sebutnya.

Sementara itu, Analis Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Devi Permanasari menambahkan, selisih harga yang terjadi di level pengecer dan distributor kemungkinan besar karena pengecer masih menjual stok lama.

"Di level distributor tadi telur, beras dan sejumlah kebutuhan memang harganya mengalami penurunan," dia menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stok BBM dan LPG di Kaltim Dipastikan Aman

Stok BBM di Kaltim
Pertamina pastikan stok BBM dan LPG di Kaltim selama Nataru aman.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, M. Taufiq Setyawan memastikan pasokan dan stok BBM serta LPG di Kalimantan Timur aman saat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menurut Taufiq, penyaluran BBM jenis gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax dan Pertalite di Kaltim saat Natal dan Tahun baru akan meningkat sebanyak 2,9% dari 2.044 Kiloliter per hari di saat normal menjadi 2.103 KL saat Nataru nanti. Untuk BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik 2,2% dari harian normal sebesar 809 KL menjadi 827 KL per hari.

Sementara LPG juga diprediksi akan naik 6,8% dari penyaluran harian normal sebesar 484 MT (Metric Ton) menjadi 517 MT perhari saat Natal dan Tahun Baru nanti.

“Peningkatan tersebut seiring dengan prognosa atau perkiraan kami secara keseluruhan di regional Kalimantan dimana produk BBM jenis gasoline akan meningkat sebesar 5% dan BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik sebesar 1,5% saat Natal dan Tahun baru ini. Sementara untuk LPG diperkirakan akan naik sebesar 5%,“ ungkap Taufiq.

Terkait ketahanan stok BBM serta LPG, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memastikan aman dengan rata-rata ketahanan stok antara 8-15 hari akumulatif.

“Terdapat beberapa supply point BBM serta LPG seperti Integrated Terminal Balikpapan, Fuel Terminal Samarinda, Depot LPG Balikpapan, Jobber Pendingin dan STS (ship to ship) Balikpapan yang siap memenuhi kebutuhan energi BBM serta LPG di Kalimantan Timur,” tambah Taufiq.

Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan juga telah mengaktifkan posko Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) semenjak tanggal 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 yang memiliki tugas untuk mengawasi penyaluran serta kesiagaan stok di seluruh Fuel Terminal, SPBU, SPPBE dan agen LPG yang ada di regional Kalimantan khususnya Kalimantan Timur.

“Kami berharap dengan adanya posko satgas ini kepastian penyaluran dan kesiapan stok BBM serta LPG dapat dioptimalkan dengan baik. Bagi masyarakat atau konsumen yang membutuhkan informasi ketersediaan stok ataupun memberikan masukan serta saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” pungkas Taufiq.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya