Aksi Bobby Nasution dan Ridwan Kamil Berkendara Motor Listrik di Jalanan Medan

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Balai Kota, Rabu (1/2/2023). Keduanya kemudian berkendara menggunakan sepeda motor listrik untuk menikmati suasana Kota Medan sore hari.

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Feb 2023, 09:41 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2023, 23:31 WIB
Ridwan Kamil
Bobby dan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berkendara sepeda motor listrik dari Jalan Balai Kota menuju Jalan Pegadaian

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Balai Kota, Rabu (1/2/2023). Keduanya kemudian berkendara menggunakan sepeda motor listrik untuk menikmati suasana Kota Medan sore hari.

Bobby dan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berkendara sepeda motor listrik dari Jalan Balai Kota menuju Jalan Pegadaian. Di lokasi yang dituju, Ridwan Kamil bertemu dengan pemuda-pemudi kreatif, dilanjutkan diskusi.

Disinggung alasan memilih sepeda motor listrik untuk berkendara di jalanan Kota Medan dengan Bobby Nasution, Ridwan Kamil mengatakan kendaraan bermotor masa depan menggunakan tenaga listrik, bukan lagi menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Sudah benar, kami jalan-jalannya bukan pakai motor bensin, tapi listrik," kata Kang Emil.

Menurutnya, menggunakan sepeda motor listrik bersama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kampanye kepada masyarakat terhadap energi baru terbarukan di setiap kota dan provinsi yang dikunjungi.

"Tugas saya di kota-kota dan provinsi mengampanyekan energi terbarukan. Energi dari panas matahari dan bumi, termasuk mobil serta motor listrik," terang Ridwan Kamil.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pakai Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil bersama mobil listrik Hyundai Ioniq (Humas Jabar)

Untuk diketahui, Ridwan Kamil saat ini yang menjabat sebagai ketua dari Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (Adpmet).

Pria yang pernah menjabat Wali Kota Bandung itu merupakan gubernur di Indonesia yang pertama mengendarai mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Sebab, tugas kepala daerah memberikan contoh kepada masyarakat agar tidak ragu beralih dari kendaraan BBM ke listrik.

"Saya doakan, warga Medan beralih ke motor listrik. Hemat biaya 30 persen dibandingkan pakai bensin. Saya dukung, mudah-mudahan bebas polusi dan ramah lingkungan," tandasnya.


BJB Mesrakan Medan

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil Pada acara BJB Mesrakan Medan yang berlangsung di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kota Medan, Rabu (1/2/2023)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, membawa solusi bebas rentenir bagi masyarakat Kota Medan. Solusi yang ditawarkan adalah BJB Mesra, salah satu produk Bank Jawa Barat dan Banten (BJB).

Pada acara BJB Mesrakan Medan yang berlangsung di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kota Medan, Rabu (1/2/2023), Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, Program Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) memiliki misi membantu masyarakat kecil untuk berusaha atau menjalani UMKM.

"Program ini memberikan pinjaman tanpa suku bunga dan agunan," katanya.

Disebutkan Ridwan Kamil, Progam Mesra ini merupakan program unggulan dari BJB untuk memberantas rentenir, yang memberikan pinjaman uang dengan suku bunga tinggi dan harus memiliki agunan.

"Sampaikan, Pak Ridwan Kamil punya solusi memberantas rentenir. Solusinya apa? Bank BJB punya produk yang bisa membantu warga menengah ke bawah pinjam uang tanpa bunga, tanpa agunan," sebutnya.


Syarat Cukup Mudah

Bank bjb
Guna mendukung ekspansi kredit di tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022.

Diterangkan Ridwan Kamil, syaratnya cukup mudah untuk pemberian pinjaman uang atau modal usaha. Syarat pertama harus berkelompok 5 hingga 10 orang. Kedua, rajin beribadah, karena penyaluran kredit ini bernafaskan Pancasila.

"Untuk yang kristiani ke gereja, yang muslim ke masjid, dapat rekomendasi dari pengurus rumah ibadah," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya