Olahan Sedap Mangut Beong Khas Magelang yang Membakar Lidah

Mangut beong menjadi salahl satu kuliner khas yang patut dicoba saat berkunjung ke Magelang.

oleh Tifani diperbarui 13 Feb 2023, 23:00 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 23:00 WIB
Mangut Beong
Warung Mbah Juri yang ada di Jalan Slanden - Sendangsono, Desa Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo menjual menu Mangut Beong. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Magelang - Magelang Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik. Terlebih, keberadaan Candi Borobudur yang dikenal sebagai tempat wisata populer bertaraf internasional.

Namun tidak hanya kaya akan tempat wisata budaya dan sejarah, Magelang juga memiliki kuliner khas yang wajib dicicpi. Salah satu makanan khas Magelang ialah mangut beong.

Jika olahan mangut khas kuliner Yogyakarta menggunakan lele, masyarakat Magelang menggunakan ikan beong untuk membuat mangut. Dikutip dari laman magelangkab.go.id, ikan beong banyak hidup di Sungai Progo.

Ikan ini memiliki tekstur lembut yang serupa dengan ikan lele, begitu pula dari segi rupanya. Sayangnya, untuk menemukan makanan khas Magelang ini cukup sulit, karena populasi ikan beong yang tak terlalu banyak.

Namun jika penasaran, wisatawan dapat mencari olahan mangut beong di Kawasan Candi Borobudur. Mangut beong memiliki tampilan yang sangat menggoda.

Ikan beong sudah digoreng terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan kuah mangut dengan warna jingga kemerahan yang benar-benar menggugah selera. Ketika disajikan, aroma harum sedap dengan bumbu yang kuat akan segera tercium.

Bumbu mangut terbuat dari bahan-bahan berupa bawang merah, lengkuas, jahe, serai, dan berbagai bahan pelengkap lainnya yang membuat cita rasanya menjadi kaya. Ketika disantap ikannya terasa lembut di mulut namun juga tetap terasa padat ketika dikunyah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Disajikan dengan Terancam

Tekstur ikan beong sangat pas untuk teman mengisi perut. Soal rasa, kuahnya yang gurih akan memenuhi rongga mulut dengan diiringi sensasi pedas yang mantap. Apalagi dengan adanya irisan cabe yang juga tersaji bersama dengan mangut.

Mangut beong menjadi salah satu santapan yang mantap bagi pecinta makanan pedas. Namun jika tak suka pedas, wisatawan tetap dapat meminta untuk kuah yang tak pedas.

Seporsi mangut beong biasanya disajikan bersama dengan terancam. Terancam adalah campuran sayuran mentah, seperti kacang panjang yang dicacah kecil, tauge, mentimun, kemangi, dan dibumbui urap.

Rasa segar dan manis dari trancam mengimbangi pedasnya olahan mangut beong. Harga satu porsi mangut beong biasanya dibanderol mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 50.000 tergantung seberapa besar ukuran ikannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya