Ikut Bersaing Jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Bagikan Momen Pelaksanaan KLB

Salah satu kandidat Ketum PSSI, Erick Thohir membagikan momen pelaksanaan KLB tersebut dalam akun Instagram pribadinya.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 16 Feb 2023, 13:18 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2023, 13:16 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir yang juga kandidat Ketua Umum PSSI membagikan momen Kongres Luar Biasa PSSI, Kamis (16/2/2023). (Foto: Instgaram @erickthohir).

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada Kamis (16/2/2023). Menpora memukul gong dengan didampingi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan di ballroom hotel pukul 10.32 WIB.

Selain simbolis pembukaan KLB PSSI dengan pemukulan gong, momen menarik terjadi antara dua calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan La Nyalla Mattaliti. Keduanya berpelukan dan berjabat tangan di hadapan rekan media dan tamu yang hadir di KLB PSSI.

Bahkan, salah satu kandidat Ketum PSSI, Erick Thohir membagikan momen pelaksanaan KLB tersebut dalam akun Instagram pribadinya @erickthohir.

“Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan @pssi RESMI dibuka Pak @kemenpora Zainudin Amali & Pak @mochamadiriawan84 (Iwan Bule). Hotel Shangri-La, Jakarta, 16 Februari 2023,” tulis Menteri BUMN itu dikutip Kamis (16/2/2023).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Sejauh ini, terdapat empat nama yang akan bersaing menjadi suksesor Mochamad Iriawan. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono.

Satu nama lain, yakni Fary Djemy Francis memilih mundur sehari sebelum pemilihan dan mengalihkan dukungan kepada kandidat lain, Erick Thohir. Keputusan tersebut diumumkannya melalui jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (15/2/02023).

Adapun mekanisme pemilihan di KLB PSSI pada Kamis, 16 Februari 2023 akan dilakukan secara terpisah. Untuk jabatan calon ketua umum akan dipilih sendiri, begitu pula calon wakil ketua umum dan calon anggota Exco PSSI.

KLB PSSI 2023 yang digelar di Hotel Shangrilla, Jakarta akan diikuti pemilik suara (voter) dengan hak pilih berjumlah 87. Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Merujuk Pasal 38 Ayat (1)dan (3) Statuta PSSI 2019, Exco PSSI terdiri satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang salah satunya adalah wanita. Dengan demikian, seluruh Exco PSSI nantinya akan beranggotakan 15 orang.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya